Senin, 17 Agustus 2020

Mengenal Baju Adat Suku Sabu Dalam Pidato Kenegaraan Jokowi

Mengenal Baju Adat Suku Sabu Dalam Pidato Kenegaraan Jokowi
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Suku Sabu saat membacakan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR/DPR 2020. Baju adat yang dikenakan Jokowi tampak megah dengan kombinasi warna hitam dan emas.
Suku Sabu merupakan salah satu kelompok etnis masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT). Suku Sabu adalah mereka yang mendiami Pulau Sawu dan Pulau Raijua di NTT.

Mengutip berbagai sumber, baju adat Suku Sabu berbeda pada laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki, baju adat ini terdiri dari kemeja putih lengan panjang dengan selendang tenun yang diselempangkan di kedua bahu sehingga membentuk tanda silang. Atasan itu berpadu dengan bawahan berupa kain sarung tenun khas NTT.


Lihat juga: Jokowi Hadir di Sidang Tahunan MPR Pakai Baju Adat Sabu, NTT
Sebagai pelengkap, kaum laki-laki Suku Sabu mengenakan aksesori ikat kepala berwarna keemasan, perhiasan berupa kalung, dan juga sabuk emas.

Namun, dalam pidato kenegaraan-nya kali ini, Jokowi mengenakan kemeja hitam lengan panjang, agak berbeda dengan 'pakem' baju adat Suku Sabu pada umumnya. Tampak pula kain selempang dengan corak bunga berwarna emas 'melilit' tubuhnya. Lengkap dengan ikat kepala bercorak serupa.

Sementara untuk perempuan, baju adat Suku Sabu umumnya mengenakan kain tenun yang dililit dengan dua buah lilitan hingga berbentuk seperti sarung. Warna atau motif kain tenun akan senada dengan kain selempang yang dikenakan laki-laki.

Tak hanya baju adatnya yang khas, Suku Sabu juga dikenal memiliki salam berupa ciuman hidung. Sekilas, tradisi ini mengingatkan orang akan tradisi suku Maori di Selandia Baru.

Namun, perlu diketahui, ada filosofi mendalam di balik salam ini. Konon, Suku Sabu menganggap hidung sebagai lambang kekerabatan. Tak heran jika mereka kerap menggunakan hidung untuk menyapa siapa pun bahwa orang asing sekalipun.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...egaraan-jokowi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar