Jumat, 28 Agustus 2020

50 GB untuk Mahasiswa, 35 GB untuk Siswa. Gratis!


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim akan memberikan kuota gratis untuk melancarkan proses Pembelajaran Jarak Jauh. Ia akan memberikan kuota gratis untuk siswa sebesar 35 GB per bulan, mahasiswa sebesar 50 GB per bulan, guru 45 GB per bulan dan dosen 50 GB per bulan. Total anggaran yang dikeluarkan adalah sebesar Rp 7,2 trilyun. 

Di tengah pandemi covid-19 ini mengharuskan siswa dan mahasiswa di Indonesia melaksanakan PJJ untuk mengurangi penyebaran virus corona. Namun banyak kendala yang dialami oleh siswa dan guru. Yang paling sering adalah keterbatasan kuota untuk mengakses internet. Apalagi banyak siswa yang kurang mampu sehingga sangat sulit untuk mendapat hasil yang maksimal selama PJJ. 

Karena itu, Nadiem Makarim akan memberikan kuota internet gratis untuk 3-4 bulan ke depan. 
Nadiem menyampaikan hal itu saat rapat bersama komisi X di gedung Jakarta, Kamis (26/8) Ia akan menggunakan dana 7,2 trilyun untuk membelikan kuota bagi siswa, mahasiswa, guru, dan juga dosen. Selain itu, ada juga dana untuk tunjangan profesi pelajar sebesar 1,7 triliun, sehingga totalnya menjadi 9 triliun. 

Nadiem mengatakan anggaran ini ia perjuangkan selama beberapa minggu ke belakang di internal pemerintah pusat. Ia berkeras meminta anggaran khusus untuk bantuan PJJ karena mendengar banyaknya keluhan pembiayaan kuota internet dari siswa dan guru.

"Kecemasan masyarakat nomor satu di saat ini dari semua kecemasan sudah jelas nomor satu itu apa? Pulsa, pulsa, pulsa. Data, data, data," ujarnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Paristiyanti Nurwardani mengatakan pemberian kuota internet diprioritaskan bagi siswa dan mahasiswa dengan latar ekonomi kurang mampu.

"Prioritas utama [siswa dan mahasiswa] yang kurang mampu. Jadi teman-teman penerima Bidikmisi, KIP, dan mahasiswa semester 3, 5, 7, 9 yang terdampak covid. Akan divalidasi oleh teman-teman perguruan tinggi negeri maupun swasta," ujarnya.

Waa, semoga ga PHP ya teman-teman. Jadi gaada lagi deh alasan yang bolos atau telat ngumpulin tugas karena gapunya kuota. Semoga cepat terealisasikan. 
Semoga pandemi covid-19 segera berakhir dan kita bisa memulai pembelajaran luring lagi ya. aamiin. 

Stay safe teman-teman~

Sumber:
https:// m.cnnindonesia.com /nasional/20200827133510-20-539932/nadiem-akan-beri-kuota-internet-siswa-35-gb-mahasiswa-50-gb

https://www. google.com/ amp/s/amp.suara. com /news/2020/08/27/163446/nadiem-siswa-dapat-kuota-internet-35-gb-mahasiswa-50-gb-gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar