salah satu bisnis yang sedang marak-maraknya di pasar adalah bisnis coffee shop atau kedai kopi. Bagaimana tidak? Kopi memang sudah menjadi sebuah minuman yang sangat popular di Indonesia semenjak dulu, baik untuk kalangan muda maupun tua. Terlebih lagi, berdasarkan hasil riset dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, konsumsi kopi di Indonesia sendiri mengalami pertumbuhan sebanyak 8.22% dari 2016-2022.
Hal-hal tersebut menunjukan kalua peluang untuk memulai bisnis kedai kopi masih sangat besar dan cukup menjajikan. Namun tidak jarang juga banyak pembisnis kedai kopi yang mulai menutup usahanya karena tingginya persaingan. Dalam membuka bisnis dengan persaingan ketat seperti kedai kopi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti pengetahuan anda mengenai kopi, konsep anda, promosi anda, dan banyak hal lainnya. Simak beberapa tips berikut untuk membangun bisnis kedai kopi baru anda!
Konsep Bisnis
Salah satu hal terpenting yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis Anda, baik itu kedai kopi atau pun bisnis lain adalah konsep bisnis Anda. Banyak sekali kedai kopi yang mulai berguguran karena hanya memakai konsep yang sama dengan yang lain, atau-pun konsepnya biasa-biasa saja. Anda harus paham sekali mengenai konsep kedai kopi Anda, value apa yang ingin Anda berikan untuk calon pelanggan Anda nanti.
Sebagai contoh, apabila Anda menargetkan anak muda atau millennial sebagai target market Anda, Anda bisa membuat bisnis Anda dengan model yang cukup minimalis, modern, dan instagrammable. Contoh lainnya adalah jika Anda ingin memberikan kesan kopi traditional, Anda bisa dekorasikan kedai kopi anda dengan gaya tua, atau dengan penamaan menu yang unik. Namun, Anda juga harus memperhatikan kenyamanan dari konsep yang ingin Anda berikan kepada calon pelanggan Anda.
Dalami lebih lanjut pengetahuan kopi Anda
Jika Anda menjalankan bisnis kedai kopi Anda hanya dengan bermodalkan pengetahuan bisnis food & beverages, maka Anda melakukan kesalahan. Salah satu hal yang membuat gagalnya usaha seperti kedai kopi adalah pelaku bisnis yang hanya mengikuti trend tanpa mengetahui secara dalam mengenai produknya. Untuk memulai kedai kopi Anda sendiri, Anda harus paham sekali mengenai produk yang Anda jual, yaitu kopi. Dengan mengetahui berbagai jenis kopi yang mungkin menguntungkan Anda, dan mempelajari tekhnik-tekhnik penyeduhan kopi akan membuat kedai kopi Anda lebih diminati pecinta kopi.
Pemilihan Lokasi yang Strategis
Pemilihan lokasi yang strategis sangatlah penting untuk masa depan pertumbuhan bisnis kedai kopi Anda. Dalam memilih lokasi, selain memilih tempat yang cukup ramai, Anda juga harus sesuaikan dengan target market Anda. Jika target Anda adalah orang-orang kantoran, maka Anda lebih baik buka di daerah per-kantoran. Lain lagi jika Anda menargetkan anak muda atau mahasiswa, Anda dapat membuka kedai kopi Anda di daerah yang memang terdapat banyak toko dan restaurant yang tepat untuk hangout. Hal ini dapat Anda lakukan dengan melakukan riset mengenai daerah tersebut, melihat keamanannya, dan memerhatikan kondisi dan tipe-tipe orang yang melalui lokasi tersebut.
Promosi
Ketika Anda baru memulai bisnis kedai kopi, Anda harus memikirkan bagaimana caranya memperkenalkan produk Anda ke masyarakat, salah satunya adalah dengan promosi. Terdapat banyak cara atau bentuk untuk melakukan promosi, misal promosi melalui social media, video review dengan influencer, ataupun promo buy 1 get 1 dengan referral code. Hal ini nantinya akan menciptakan sebuah word-of-mouth yang mungkin dapat menguntungkan Anda apabila Anda berhasil memberikan value yang positive kepada masyarakat atau calon pelanggan Anda.
Membuat Perkiraan Permintaan dan Biaya
Dalam memulai bisnis kedai kopi Anda, sangat penting untuk memperkirakan seberapa banyak cup yang akan terjual dalam seharinya. Beberapa kedai kopi sering sekali salah memperkirakan hal ini, misalnya kedai A memperkirakan akan terjual 150 cup perharinya, ternyata di hari itu juga 200 cup lah yang terjual atau sebaliknya. Hal ini cukup merugikan karena Anda menjadi tidak bisa melayani permintaan dari pelanggan Anda.
- JUAL ES KRIM PESTA MURAH DI BALI
- Jual Cake Ulang Tahun Bali
Hal-hal seperti ini sebetulnya dapat anda selesaikan dengan lebih mudah apabila Anda menggunakan sebuah sistem inventory seperti Moodahdan bukan secara manual. Moodah merupakan sebuah sistem inventory yang me-integrasikan fungsi inventaris anda dengan penjualan, pembelian, dan akuntansi Anda. Dengan aplikasi inventory Anda dapat melihat data perkembangan penjualan Anda di periode tertentu secara real-time, dimana saja dan kapan saja, sehingga Anda dapat memperkirakan penjualan Anda selanjutnya. Anda juga dapat memperkirakan biaya yang perlu Anda bayarkan dengan akurat karena dengan landed cost Moodah, perhitungan pajak dan transport otomatis terhitung. Serial number yang di sediakan oleh aplikasi inventory Moodah juga dapat melacak masa hidup produk, sehingga Anda dapat mengetahui produk mana yang harus cepat di keluarkan agar biaya yang Anda keluarkan berkurang.
Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Moodah, Anda dapat membuka tautan berikut.
Jangan ragu memberikan reward
Siapa yang tidak merasa senang ketika menerima reward atau hadiah? Begitu pula dengan konsumen setia Anda. Memberikan reward juga dapat berdampak pada peningkatan loyalitas konsumen suatu bisnis. Reward ini tidak hanya berupa barang, tetapi juga poin, program VIP, atau potongan harga yang dapat digunakan di pembelanjaan yang berikutnya. Secara tidak langsung cara ini akan terus ‘mengikat’ konsumen dengan brand Anda.
Bagaimana dengan cara yang telah Anda lakukan dalam rangka meningkatkan loyalitas konsumen? Cara-cara yang sudah disebutkan tadi semoga bisa membantu Anda mendapatkan konsumen setia, ya! Jangan ragu untuk memanfaatkan aplikasi Moodah yang dapat mendukung bisnis Anda dengan fitur yang terintegrasi sehingga dapat berkembang lebih pesat dan cepat.
- JUAL ES KRIM PESTA MURAH DI BALI
- Jual Cake Ulang Tahun Bali
Tidak ada komentar:
Posting Komentar