Kamis, 24 Desember 2020

Ini Petuah Para eCommerce Retailers Agar Bisnis Lancar di Era Pandemi

 Ini Petuah Para eCommerce Retailers Agar Bisnis Lancar di Era Pandemi


Kehidupan di dalam pandemi ini penuh dengan ketidakpastia. Mulai dari tentang kesehatan hingga kondisi ekonomi kita. Karena kita dihimbau untuk stay di rumah saja, banyak orang kehilangan pekerjaan serta sulit memprediksi langkah-langkah bisnis yang tepat dijalankan selama masa pandemi. Meski demikian, bisnis eCommerce retailers beda lagi karena tetap bisa memiliki peluang untuk survive dengan cara membantu memenuhi kebutuhan orang banyak.

CARA MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN KLIK DISINI

Bisnis eCommerce secara keseluruhan mampu menyediakan produk dan jasa yang dibutuhkan banyak orang setiap hari. Namun, tetap saja mempertahankan bisnis online di masa pandemi bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, mari simak petuah dari berbagai eCommerce retailers berikut ini.

Sam Williamson – Owner, CBDiablo, UK


Saat pandemi terjadi, kami melihat perubahan besar dari cara pelanggan membeli produk. Ini membuat kami beradaptasi. Caranya yaitu dengan membuat konten berdasarkan pencarian baru yang dilakukan oleh para pelanggan. Kami membuat perubahan mengikuti perilaku mereka di masa pandemi ini. Kami ingin menjadi bisnis pertama yang memproduksi konten sesuai pencarian pelanggan sehingga mereka menemukan kami.

Alexandria Keener Hammond – Owner, My Girlfriend’s Wardrobe


Berjualan secara online bisa dilakukan kapan saja. Orang-orang menghabiskan waktu mereka dengan mengakses smartphone, komputer dan tablet. Ini menjadi saat yang tepat untuk menguji coba iklan baru. Saran saya adalah memanfaatkan media sosial. Beri sesuatu yang dinanti-nantikan orang. Saya memposting video promosi langsung di Facebook. Sementara, di Instagram saya posting story yang menarik.
Marco Baatjes – Founder, Bottom Line Cents

Ini Petuah Para eCommerce Retailers Agar Bisnis Lancar di Era Pandemi
sumber: pexels.com



Kiat terbaik yang dapat saya berikan untuk bisnis selama pandemi adalah mengembangkan solusi atau mengadopsi strategi baru untuk mengatasi atau mengelola dampak akibat kondisi ini. Cara terbaik adalah mengubah sudut pandang atau fokus pada produk kamu. Misalnya, tadinya kamu menjual senter untuk kegiatan mendaki, sekarang sudut barunya adalah senter bisa untuk perlengkapan di rumah saat mati listrik.
Dari petuah ini kamu bisa melihat banyak peluang yang nampak saat pandemi ini, lho. Seperti halnya yang berhubungan dengan kesehatan. Kamu bisa saja membuat ekspansi bisnis kamu seperti bisnis minuman tradisional. Pasti banyak yang mencarinya di saat pandemi ini karena manfaatnya.


Brian Lim – CEO, iHeartRaves
Ini Petuah Para eCommerce Retailers Agar Bisnis Lancar di Era Pandemi
sumber: pexels.com


Posisi kami sangat menantang karena kami menjual barang-barang fashion kepada pengunjung festival musik. Jadi, tentu banyak event dibatalkan. Kami mengubah cara pemasaran. Saat ini, kami melakukan penjualan dengan agresif, serta membuat promosi pengiriman gratis untuk meningkatkan pembelian. Ini upaya untuk mengembalikan pemasukan yang sempat hilang. Kami juga memesan produk lebih sedikit daripada biasanya untuk mengurangi risiko tidak terjual.
Garrett Ramela – President, Common Sense Coffee
Ini Petuah Para eCommerce Retailers Agar Bisnis Lancar di Era Pandemi
sumber: pexels.com


Garrett Ramela, salah satu eCommerce retailers juga berbagi tips untuk memperlancar bisnis di tengah pandemi ini. Ia mengungkapkan “kami memperbaiki search engine optimization (SEO) dan mengembangkan rencana yang bisa membantu menumbuhkan traffic organik ke website kami. Selain itu, kami meminta feedback customer melalui survei dan mengadakan undian untuk mendapat hadiah kopi gratis dengan menggunakan Typeform. Kami pun berkolaborasi dengan influencer dan bisnis lain untuk saling promosi.”
Kevin Gould – President, Kombo Ventures
Ini Petuah Para eCommerce Retailers Agar Bisnis Lancar di Era Pandemi
sumber: pexels.com


Tenang, jangan panik. Coba kamu diam sebentar sambil melihat situasinya. Begitu sudah bisa berpikir secara rasional, kamu bisa mengecek kondisi timmu. Pastikan mereka baik-baik saja. Lalu, perhatikan arus kasmu. Ini terutama penting banget untuk bisnis kecil. Kemudian, coba kurangi biaya apapun yang bisa dikurangi, biar pengeluaranmu lebih efisien. Terakhir, jangan lupa yang terpenting adalah marketing. Pikirkan ide yang kreatif, seperti konten yang berbeda dan menarik serta bermanfaat. Kamu juga bisa mencoba cara memasarkan produkmu lewat infografis, lho, agar lebih menarik.

Nah, itu tadi petuah yang terpercaya dari berbagai eCommerce retailers. Kamu bisa mengadaptasi saran-saran dan strategi yang sekiranya cocok untuk kondisi bisnismu saat ini. Hal yang penting adalah tetap tenang, semangat dan terus berupaya. Kamu pasti bisa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar