Rabu, 30 Maret 2022

Kenapa Wajah Bulan Yang Menghadap Ke Bumi Selalu Terlihat Sama?

 Kenapa Wajah Bulan Yang Menghadap Ke Bumi Selalu Terlihat Sama?


Sebagai satelit alami bumi Bulan bergerak mengelilingi Bumi. Pergerakan itu dinamakan revolusi. Revolusi Bulan mengelilingi Bumi lamanya 27 hari. Lebih tepatnya 27,322 hari. Bulan juga bergerak berputar pada sumbunya. Gerakan ini disebut rotasi. Rotasi Bulan lamanya juga 27 hari. 

Hanya satu sisi Bulan yang menghadap ke Bumi dikarenakan Bulan berotasi dengan kecepatan yang sama dengan waktunya mengorbit mengitari Bumi. Keadaan ini disebut rotasi sinkron. 

Beberapa satelit di planet lain juga mengalami hal yang sama.

Sisi dekat Bulan merupakan bagian dari Bulan yang secara permanen menghadap ke Bumi. Dan bagian Bulan yang selalu membelakangi Bumi adalah sisi jauh bulan.

Dilansir dari Astronomy.com Pada tahun 1959, Luna 3 Soviet pertama kali memotret sisi jauh, dan pada 1968, saat Apollo 8 NASA mengorbit Bulan, mata manusia pertama kali melihat sisi jauh Bulan. Sejak saat itu banyak satelit yang mengirim kembali gambar dan data lain yang menunjukkan bahwa sisi jauh Bulan berbeda dari sisi dekat. 


Sisi Dekat Bulan Lebih Gelap

Sisi dekat lebih gelap daripada sisi jauh, namun julukan untuk sisi jauh adalah "sisi gelap bulan" meskipun itu sebenarnya adalah sisi terang dari bulan. 

Pada sisi dekat, terdapat wilayah gelap di permukaan bulan. Wilayah gelap tersebut adalah dataran rendah di bulan yang disebut Mare atau dalam bahasa latin artinya 'Laut'. Mare terbentuk dari basalt sisa - sisa banjir magma miliaran tahun lalu yang mendingin dan memadat.

Sedangkan dataran tinggi di sisi jauh terbuat dari mineral berwarna terang yang disebut feldspar. 

Kerak pada sisi dekat lebih tipis dan lebih tebal di sisi jauh, sehingga lebih sulit bagi magma untuk mencapai permukaan sisi jauh dan akhirnya hanya sedikit Mare yang terbentuk.

Tabrakan asterois lebih mudah mematahkan kerak pada sisi dekat, memungkinkan magma naik untuk mengisi cekungan hasil tabrakan tersebut dan membentuk endapan Mare.

Sampai saat ini permukaan sisi jauh Bulan hanya dapat diamati menggunakan wahana antariksa khusus. Cek juga tentang alasan kenapa luar angkasa itu kelihatan gelap.

Hari Peduli Autisme Sedunia, Berikut 8 Manfaat AR bagi ASD

 Menyambut Hari Peduli Autisme Sedunia, Berikut 8 Manfaat AR bagi ASD



Tanggal 2 April adalah Hari Peduli Autisme Sedunia. Walau terapi atau pengobatan itu penting, kebanyakan anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) tidak akan mengerti atau peduli tentang pentingnya hal tersebut. Yang mereka pedulikan adalah tentang hal-hal yang disukai setiap anak yaitu bersenang-senang dan merasa aman. Augmented Realityberbasis perangkat seluler memiliki “faktor keakraban” yang dibutuhkan banyak anak autisme agar merasa aman, terutama ketika anak sudah nyaman dengan game smartphone atau tablet.

Untuk anak-anak yang sangat rentan terhadap kelebihan sensorik, VRatau AR berbasis headset bisa terlalu rumit untuk ditangani sekaligus. Mobile AR bisa menjadi solusi karena memungkinkan anak-anak untuk terlibat semampu mereka dan berhenti sebelum mereka merasa tidak nyaman. Game AR tidak diragukan lagi menyenangkan untuk anak-anak, dan anak-anak dengan ASD jauh lebih mungkin tertarik pada game daripada rekan-rekan neurotipikal lainnya. Bertemu mereka di mana mereka berada, di tempat yang akrab, dapat menjadi cara yang efektif dan tanpa hambatan bagi tim perawatan dan keluarga untuk mencapai tujuan dan hasil.



Bagaimana augmented reality (AR) dapat digunakan untuk membantu pasien yang memiliki diagnosis ASD? ASD adalah gangguan perkembangan yang mempengaruhi komunikasi dan perilaku dan sering muncul dalam dua tahun pertama kehidupan. Gejala dapat mencakup kesulitan berkomunikasi dan interaksi sosial dengan orang lain, minat terbatas, dan perilaku berulang.

AR adalah teknologi di mana informasi digital (gambar, audio, teks) ditambahkan ke dunia nyata, baik dengan perangkat seluler atau headset dan kacamata AR. AR muncul sebagai teknologi yang menjanjikan untuk membantu mereka yang memiliki ASD memahami dunia lebih lengkap dengan menjembatani dunia fisik dan digital. Beberapa dampak AR terhadap ASD, dan penelitian menunjukkan efeknya positif dalam berbagai situasi. AR dapat mendorong bermain dan meningkatkan bahasa, komunikasi, identifikasi emosi, dan kosa kata. Hasil juga menunjukkan manfaat seperti peningkatan motivasi, perhatian, dan pembelajaran tugas baru.

Berikut adalah 8 manfaat AR yang dapat menjadi berita baik di hari peduli autisme sedunia.

1. Tingkatkan Perhatian dan Emosi Positif

Menyambut Hari Peduli Autisme Sedunia, Berikut 8 Manfaat AR bagi ASD

Aplikasi berbasis AR digunakan untuk meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pembelajaran bagi orang-orang dengan ASD. Overlay AR seperti video 3D, gambar, dan informasi, dapat ditambahkan ke apa saja dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pengalaman AR ini menghasilkan peningkatan keterlibatan, kenikmatan, motivasi, dan perhatian. Sebuah studi khusus yang dirancang untuk mengajarkan diskriminasi objek mengungkapkan peningkatan 62% dalam partisipasi tugas dan siswa menjadi lebih bahagia dan lebih bertekad. Aplikasi AR dan kecerdasan buatan baru berbasis Google Glass memotivasi dan memberi penghargaan kepada pengguna untuk pembelajaran sosial dan kognitif.

2. Meningkatkan Interaksi Sosial

Sebuah aplikasi AR yang dikembangkan untuk sekolah umum di California mampu melatih keterampilan sosial seperti kontak mata, memulai interaksi, mengajukan pertanyaan, dan berbagi minat dengan teman sebayanya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berpasangan dan kemudian mendukung mereka melalui setiap langkah latihan interaksi. Siswa melaporkan bahwa aplikasi itu menyenangkan, menarik, dan memiliki kemampuan mengajar yang luar biasa. Jumlah keseluruhan interaksi meningkat, baik antara siswa dengan ASD maupun siswa tanpa ASD.


3. Mengajarkan Ekspresi Wajah

Sebuah studi penelitian menyelidiki apakah AR dapat memungkinkan remaja dengan ASD untuk lebih mudah mengenali ekspresi emosional. Model wajah 3D dari setiap peserta dibuat untuk digunakan sebagai "topeng" overlay AR dan masing-masing diubah secara digital untuk menampilkan ekspresi wajah yang umum. Peserta diberitahu cerita pendek dengan ilustrasi yang menyoroti satu emosi tertentu, dan kemudian diminta untuk memilih topeng emosi yang sesuai. Menggunakan sistem cermin AR, topeng virtual ini kemudian akan muncul di wajah peserta untuk memperkuat emosi yang digambarkan. Penelitian menyimpulkan bahwa sistem AR meningkatkan kesadaran emosi wajah dan meningkatkan perhatian berkelanjutan & selektif, sementara orang tua peserta melaporkan peningkatan keterampilan sosial dan upaya mengekspresikan perasaan.

4. Ajarkan Isyarat Sosial Nonverbal

Aplikasi AR dikembangkan untuk studi yang menyoroti isyarat sosial nonverbal dalam buku cerita. Setiap isyarat sosial yang digambarkan dilapisi dengan video tambahan untuk menjadi fokus anak-anak. Setelah intervensi AR, semua skor peserta meningkat secara signifikan dari fase awal penelitian. Anak-anak terlibat dan tertarik dengan video AR, dan menunjukkan kemampuan yang lebih besar untuk membedakan antara ekspresi wajah.

5. Mengajarkan Kosakata

Kumpulan kosa kata sains dibuat dengan konten AR untuk membantu mengajar siswa dengan ASD dan disabilitas intelektual. Konten termasuk video, audio definisi, gambar, dan simulasi 3D. Studi ini ditemukan sangat efektif untuk semua peserta, dan siswa tertentu dengan ASD mempelajari semua kata dalam kerangka waktu yang relatif singkat dengan perbaikan kesalahan lebih cepat.

6. Membantu dalam Permainan Imajinatif

Menyambut Hari Peduli Autisme Sedunia, Berikut 8 Manfaat AR bagi ASD

Peneliti menggunakan sistem AR dengan blok busa dan layar TV yang berfungsi sebagai cermin untuk memfasilitasi permainan imajinatif. Balok busa berubah menjadi mobil 3D, kereta api, atau pesawat terbang di layar dan anak-anak bisa melihat diri mereka bermain dengan barang-barang itu sebagai mainan. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam frekuensi dan durasi bermain imajinatif dengan skenario AR, dan analisis video mengungkapkan bahwa anak-anak terlibat dalam lebih dari 50% lebih banyak skenario bermain imajinatif per menit daripada tanpa skenario. AR sangat cocok untuk menghibur anak-anak ASD di hari peduli autisme sedunia.

7. Membantu Mengajarkan Tugas Baru

Sebuah penelitian dilakukan untuk anak-anak di mana gambar dengan  jadwal lima langkah dari tugas menyikat gigi ditambah dengan klip video yang menunjukkan semua langkah. Setelah perawatan, intervensi AR menunjukkan peningkatan langsung dalam kinerja independen oleh para peserta, dan setelah dua bulan, penyelesaian tugas tetap tinggi. Anak-anak menikmati konten AR, dan para guru melaporkan aplikasi tersebut sebagai alat pengajaran yang efektif.

8. Tingkatkan Keterampilan Motorik Halus

Dalam sebuah penelitian, anak-anak dengan ASD yang diberi program augmented reality untuk meningkatkan hubungan sensorik dengan lingkungan mereka mampu mengendalikan gerakan diri dengan lebih baik dan memilih kelompok otot tertentu dengan lebih baik daripada kelompok kontrol tanpa AR. Anak-anak menikmati pengalaman tersebut, dan orang tua dari kelompok AR melaporkan umpan balik positif, menunjukkan bahwa AR mungkin merupakan alat proprioseptif yang efektif untuk mengasah keterampilan [url=https://www.bni-life.co.id/id/lifeblog/inilah-bedanya-motorik-halus-dan-motorik-kasar#:~:text=Perkembangan%20motorik%20halus%2C%20merupakan%20perkembangan,atau%20memasukkan%20balok%20sesuai%20bentuknya.]motorik halus[/url].

Kenapa AR Sangat Efektif bagi ASD?

AR memungkinkan interaksi dengan dunia nyata yang membuatnya lebih mudah untuk menggeneralisasi situasi kehidupan nyata melalui konten digital. Sifat visual AR yang imersif memanfaatkan kekuatan yang sebagian besar dipegang oleh orang-orang dengan ASD dan menghasilkan lebih banyak rasa ingin tahu dan keterlibatan. Memperkenalkan teknologi baru juga bisa sangat memotivasi, menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam. Selain itu, AR dapat dengan mudah diadaptasi untuk melengkapi praktik berbasis bukti, seperti petunjuk gambar dan pemodelan video, yang saat ini digunakan oleh dokter.


Dengan teknologi AR yang relatif baru, penggunaannya dalam perawatan kesehatan, dan khususnya di bidang ASD masih pada tahap awal. Meski begitu, penelitian menunjukkan bahwa penambahan elemen AR sederhana ke terapi saat ini dapat meningkatkan motivasi, perhatian, dan fokus. Hasil yang disorot ini hanya menggali permukaan potensi intervensi berbasis AR, dan potensinya menjanjikan untuk penggunaan klinis di masa depan.

Chromebook 4G LTE Buatan Anak Bangsa Diluncurkan Menperin

 Chromebook 4G LTE Buatan Anak Bangsa Diluncurkan Menperin



Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengumumkan Chromebook 4G LTE yang diklaim diproduksi dan didesain anak bangsa. Perangkat tersebut dipasarkan dengan nama Libera Merdeka Chromebook C150 untuk versi 4G LTE/WiFi dan Chromebook C120 untuk versi WiFi.

Menperin menyebutkan permintaan dalam negeri untuk produk laptop mencapai tiga juta unit per tahun. Permintaan ini diprediksi terus bertambah seiring berkembangnya digitalisasi. Oleh karena itu industri di dalam negeri perlu mengambil peluang tersebut.

"Untuk mencapai program substitusi impor 35% tersebut, kunci utamanya antara lain membentuk ekosistem industri laptop melalui peningkatan demand di dalam negeri," kata Agus.

Baca juga:
Guna meningkatkan daya saing laptop produksi dalam negeri agar bisa bersaing dari gempuran produk impor, Kemenperin membangun kolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait di antaranya PT. Tata Sarana Mandiri (TSM), Qualcomm, Google, PT. Sat Nusapersada dan PT. Libera Technologies Indonesia untuk membangun sebuah ekosistem yang dinamakan Indonesia Manufacturing Center Elektronika dan Telematika (IMC-ET).

"Kami memberikan apresiasi terhadap keberhasilan dari sinergi tersebut sehingga bisa memproduksi Chromebook 4G LTE pertama yang didesain dan diproduksi di Indonesia dengan komponen lokal di atas 40 persen," ujar Agus.


Untuk mencapai TKDN di atas 40%, Chromebook 4G LTE ini diproduksi secara CKD (completely knock down). Selain itu, alat Catu Daya (AC Powered Adapter/Charger) didesain secara penuh oleh TSM dan diproduksi di Indonesia untuk mendukung pasokan rantai ekosistem industri lokal.

Kedua model tersebut menggunakan prosesor Qualcomm 8-cores Snapdragon dengan efisiensi tinggi, yang sudah memenuhi spesifikasi program Merdeka Belajar.

Agus menegaskan Kemenperin akan secara intens akan menguatkan komunikasi dengan para pengembang chipset untuk dapat bekerja sama guna memperdalam struktur industri elektronika khususnya untuk memproduksi laptop.

"Sehingga di masa depan akan tercipta Intellectual Property (IP) milik anak-anak bangsa, yaitu IP Indonesia dan dapat digunakan bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan laptop dalam negeri," tegasnya.

Kemenperin akan berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait serta semua pihak agar pangsa pasar produk laptop dapat didominasi hasil produksi dalam negeri. Di samping itu, Menperin akan berupaya mewujudkan Indonesia mampu memproduksi semikonduktor untuk memenuhi kebutuhan industri di dalam negeri. Sebab, semikonduktor banyak digunakan sektor elektronika dan otomotif.

"Kami mengajak para pelaku usaha untuk duduk bareng membuat roadmap dalam upaya memproduksi semikonduktor untuk kemandirian industri di dalam negeri," paparnya. Selain itu, yang juga perlu dipacu adalah menciptakan Original Design Manufacturer (ODM) laptop dalam negeri. "Dengan munculnya ODM-ODM dalam negeri akan tercipta kemandirian di industri laptop dalam negeri," tandasnya.

news terbaru

Chromebook 4G LTE Buatan Anak Bangsa Diluncurkan Menperin

Chromebook 4G LTE Buatan Anak Bangsa Diluncurkan Menperin

Chromebook 4G LTE Buatan Anak Bangsa Diluncurkan Menperin

Pertama di Indonesia buatan anak bangsa, menteri perindustrian meluncurkan Chromebook 4G LTE.

Didukung oleh kementerian perindustrian Republik Indonesia, Chromebook 4G LTE karya anak bangsa Indonesia pertama.

Roman Abramovich Diduga Diracun Saat Ikut Negosiasi Damai Perang Rusia-Ukraina

 Miliuner Rusia sekaligus (eks?) pemilik klub sepakbola Liga Inggris Chelsea, Roman Abramovich diduga diracun saat ikut negosiasi damai perang Rusia-Ukraina! Kabar ini muncul pertama kali dalam Wall Street Journal dan Bellingcat, Senin (28/3). 


Roman Abramovich Diduga Diracun Saat Ikut Negosiasi Damai Perang Rusia-Ukraina

Awalnya, tanggal 3 Maret 2022 Abramovich memediasi kedua negara supaya mengakhiri perang. Lokasi mediasi ini masih simpang siur. Wall Street Journal menyebut mediasi berlangsung di Kyiv, Ukraina. Sedangkan CNN International menyebut hal itu terjadi di Turki.

Sepulang dari proses mediasi tersebut, Abramovich menderita mata merah, sensasi rasa sobek, serta kulit mengelupas di wajah dan tangan. Bukan hanya dirinya, hal itu juga dialami anggota parlemen Ukraina lain yang hadir, yakni Rustem Umerov dan seorang negosiator lain.

Belum jelas siapa dalang dibalik insiden keracunan ini. Sebuah teori menyebutkan kelompok garis keras Rusia yang tak ingin perdamaian merupakan dalang dari aksi ini.

Namun sesaat sebelum dialog, ketiganya dilaporkan sempat mengkonsumsi coklat dan air putih. Namun ini belum dapat dibuktikan secara pasti karena tamu lain yang mengkonsumsi hal yang sama tidak menunjukkan gejala aneh.

Sementara itu, juru bicara Abramovich bungkam. "Tidak ada komentar," katanya ke media.



Roman Abramovich Diduga Diracun Saat Ikut Negosiasi Damai Perang Rusia-Ukraina
Abramovich di sebuah bandara di Tel Aviv, 14 Maret 2022. (11 hari setelah kejadian)

Abramovich sendiri sempat terlihat di hadapan publik di Bandara Tel Aviv pada 14 Maret 2022 yang berarti setelah kejadian dugaan diracun tersebut.

Kenapa Abramovich ikut mediasi perang Rusia-Ukraina?
Belom jelas nih GanSis. Tapi dia dikenal sebagai orang berpengaruh di Rusia. Deket sama Presiden Putin. 

Sejarah Singkat Pura Aditya Jaya, Rumah Ibadah Umat Hindu Pertama di Jakarta

 Sejarah Singkat Pura Aditya Jaya, Rumah Ibadah Umat Hindu Pertama di Jakarta


Pura Aditya Jaya di Rawamangun adalah rumah ibadah umat Hindu tertua di Jakarta.

Berdirinya pura ini tidak dapat dilepaskan dari sejarah perjuangan umat Hindu DKI Jakarta yang menginginkan memiliki tempat persembahyangan.

Mengutip keterangan di website resmi, Pura Aditya Jaya mulai dirintis sejak tahun 50-an oleh Yayasan Pitha Maha, namun baru sekitar tahun 60-an memperoleh respon dari pemerintah.

Presiden Soekarno saat itu memberikan Umat Hindu tanah di Lapangan Banteng, namun karena suatu hal pura gagal dibangun.

Pada tahun 70-an I Gusti Ngurah Mandra (alm) mendapat kepercayaan menjadi Tim Kontraktor yang menangani projek jalan Jakarta-Cirebon dari Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, dengan pimpinan proyek bapak Ir. Iman Soekoto (alm).

Dalam kesempatan itu I Gusti Ngurah Mandra mengajukan ide kepada pimpro untuk menyumbangkan tanah bekas perbekalan yang saat itu kosong untuk tempat ibadah (pura) bagi umat Hindu di Jakarta.

Usaha ini diterima dengan baik asalkan dibentuk panitia terlebih dahulu. Susunan panitia adalah sebagai berikut:

Ketua Umum : I Gusti Ngurah Mandra (alm)

Ketua I : I Nyoman Geria (alm)

Ketua II : I Gusti Ketut Sukarta (alm)

Sekretaris I : Drs. Sang Made Jingga

Sekretaris II : AA Sumitra (alm)

Bendahara I : Ir. Ketut Berana (alm)

Bendahara II : I Wayan Arniata


Panitia yang telah terbentuk mengajukan permohonan kepada pimpinan proyek yang kemudian menunjuk dan mengesahkan panitia tersebut untuk melaksanakan pembangunan Pura.

Peletakan batu pertama pembangunan Pura Aditya Jaya oleh bapak Moh. Hadi (alm) yang mewakili pimpinan proyek dilakukan pada tahun 1972.

Kemudian pembangunan fisik dimulai dengan membuat Padmasana, lalu dilanjutkan dengan pembangunan Anglurah, Taman Sari, Bale Pewedan, Penyengker dan Kori Agungnya.

Pada 12 Mei 1973 dilaksanakan peresmian Pura oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Prayogo.

Pada tahun 1976, Menteri PUTL (Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik) Sutami memberikan surat dengan nomor: 36/KPTS/1976 yang berisi tentang: pemberian ijin kepada Parisada Hindu Dharma untuk menggunakan tanah yang dikuasai oleh Departemen Pekerjaan Umum cq Ditjen Bina Marga sebagai tempat persembahyangan bagi umat Hindu DKI Jakarta dan sekitarnya;

Pemberian ijin oleh Menteri Pekerjaan Umum tersebut didukung oleh Gubernur DKI Jakarta bapak Ali Sadikin yang dimuat dalam surat Keputusan No. D.TV-a2/4/24/73, yang dijadikan dasar pembangunan Pura Aditya Jaya.

Selanjutnya pembangunan Pura terus mengalami perkembangan. Hingga saat ini kondisi fisik pembangunan Pura mengalami kemajuan yang sangat pesat menyesuaikan kebutuhan umat.

Sejarah Singkat Pura Aditya Jaya, Rumah Ibadah Umat Hindu Pertama di Jakarta


Sumber :

https://megapolitan.kompas.com/read/...page=all#page2

https://www.mutiarahindu.com/2018/02...n-jakarta.html

Token Kripto ASIX Ditinggal Developer, Anang Imbau Tetap Tenang dan Sabar

 Token Kripto ASIX Ditinggal Developer, Anang Imbau Tetap Tenang dan Sabar

Anang Hermansyah melakukan pertemuan membahas tentang RUU permusikan di Cilandak Town Square, Jakarta, Senin (4/2/2019). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Pemilik token kripto ASIX Anang Hermansyah meminta kepada para investor yang sudah telanjur membeli tokennya untuk tenang dan sabar. Hal ini, seiring dengan kabar hengkangnya CEO dan Developer token ASIX, MC Basyar.

Lewat video singkat di instagram pribadinya @ananghijau, Anang memberikan klarifikasi dan imbauan kepada para investor.

“Halo buat temen-temen semua aku berharap kalian tenang dan sabar. Aku tidak mungkin meninggalkan kalian di saat seperti ini,” ungkap Anang dalam video yang dikutip kumparan, Selasa (29/3).

Bahkan dirinya siap menjelaskan secara detail, apa yang terjadi sebenarnya.

“Yang paling penting lagi setelah vesting, karena memang sudah wajib vesting tanggal 29 ini, aku akan menjelaskan lebih detail lagi,”

"Kita tetep stay dan menyelesaikan semua project yang ada. Menjelaskan sedetail-detailnya bagaimana perjalanan kita sampe saat ini,” tutur Anang.

Sebelumnya, kabar ditinggalnya token ASIX oleh developernya itu ramai di media sosial lantaran, harga token asing yang terus menurun.

Berdasarkan data dari coinmarketcap.com, harga token ASIX sudah anjlok 11,26 persen ke USD 0,000001013, per siang ini. Padahal, harga token ASIX pernah mencapai harga tertingginya USD 0,000002698 pada 6 Maret 2022.

Adapun hingga saat ini tercatat kapitalisasi pasar atau market cap token ASIX sebesar USD 10,14 juta.

Sekadar catatan, Token kripto ASIX milik Anang Hermansyah sempat menjadi perhatian publik, lantaran sudah diperdagangkan di dalam negeri melalui marketplace lokal, Indodax sejak Kamis (3/3). Padahal token ASIX belum mengantongi izin Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

https://m.kumparan.com/kumparanbisni...ar-1xmLFdsOlJE