Minggu, 17 Januari 2021

Mau Menikah, Padukan Wuku, Dina, dan Tanggal yang Baik

  


Setiap pasangan pengantin umumnya menginginkan saat yang terbaik dalam memilih tanggal pernikahannya. Tentu dengan tujuan agar kelak rumah tangganya berjalan harmonis, bahagia, dan lancar. Lantas, seperti apa pemilihan dewasa ayu yang tepat ?

Penyusun kalender Bali, DR Gede Sutarya menyampaikan, ada beberapa  hal yang harus diperhatikan untuk menentukan dewasa ayu yang bagus dalam penanggalan Bali. Di antaranya wuku, dina (hari), tanggal, dan sasih.

CARA MUDAH DAPAT UNTUNG DARI TRADING FOREX KLIK DISINI

“Banyak hal yang harus diperhatikan, tidak boleh sembarangan kita memilih tanggal dan waktu untuk menikah. Jika kita salah memilih wuku atau sasih, maka akan berakibat fatal sepanjang pernikahan,” ujarnya.

Sutarya menjelaskan, yang harus ditentukan di awal adalah wuku. Banyak wuku dikategorikan baik untuk melaksanakan pernikahan, anatara lain wuku landep, ukir, kulantir, julungwangi, merakih, matal, uye, dan ugu. Sedangkan untuk menentukan dina atau hari yang baik untuk menikah adalah hari Senin, Rabu, Kamis, dan Jumat. 

“Hari senin identik dengan kebahagiaan bagi calon pengantin, hari rabu dikatakan sebagai hari yang sangat baik untuk menikah, lalu hari kamis dikatakan sebagai hari Kinasihaning Jana, yang artinya disayangi oleh masyarakat. Dan,  jumat dipercaya pengantin akan hidup mewah dan bahagia,” ujar nya.

Untuk pemilihan tanggal, Sutarya menyarankan beberapa tanggal yang baik untuk menikah, di antaranya ping 1, ping 2, ping 3, ping 5, ping 7, ping 10, dan ping 13. Ketujuh tanggal tersebut dikatakan sangat baik untuk menggelar pernikahan, karena masing – masing tanggal mengandung arti yang berbeda beda. “Jika memilih tanggal 1 pengantin dipercaya akan menemukan kebahagiaan, tanggal 13 hidupnya akan mewah dan bahagia selama masa perkawinan begitu juga tanggal – tanggal lainnya punya makna sendiri sendiri,” ujarnya.

Dalam pemilihan sasih, ia menekankan jika memungkinkan calon pengantin memilih sasih kadasa yang jatuh di akhir bulan Maret sampai dengan April. Karena pada sasih tersebut dikatakan paling memberi kebahagiaan pada para pengantin.

“Sasih yang baik sepanjang tahun adalah  Sasih kadasa, sasih kapat, sasih kapitu, sasih katiga, dan sasih kalima. Masing masing sasih memiliki keunggulan tersendiri,” ujarnya.


Sasih kalima umumnya jatuh di bulan November, sasih ini disebut juga sebagai Margasirsa. Pengantin yang memilih menikah di sasih ini dipercaya selama pernikahannya rezekinya lancar, hidupnya mewah. Sedangkan sasih katiga jatuh di bulan September atau disebut juga Asuji. Mereka yang memilih sasih ini dipercaya selama pernikahan akan dikaruniai banyak keturunan. Jika sasih kapat atau disebut juga Kartika, pernikahannya dipercaya akan murah rezeki. Di sasih kapitu yang jatuh Januari, umumnya pengantin akan langgeng hingga akhir hayat. Sedangkan mereka yang menggelar pernikahan di sasih kadasa, dipercaya akan berbahagia, sejahtera, dan langgeng.

“Dari dasar itulah, sasih kadasa dianggap sasih terbaik untuk melaksanakan pernikahan. Agar langgeng, sejahtera, dan dikaruniai banyak keturunan,”tandasnya. 

(bx/tya/yes/JPR)

https://baliexpress.jawapos.com/read/2018/03/25/59736/mau-menikah-padukan-wuku-dina-dan-tanggal-yang-baik

- JUAL BANTEN MURAH hub.0882-9209-6763 atau KLIK DISINI

Sabtu, 16 Januari 2021

Misteri Kutukan Ratu Gede Mecaling di Batuan

 




- JUAL BANTEN MURAH hub.0882-9209-6763 atau KLIK DISINI

Diceritakan pada abad ke 17, sosok penguasa Nusa Penida, yakni, Ida Ratu Gede Mecaling sempat tinggal di Desa Batuan, Sukawati, Gianyar. Selama tinggal disana Ia gemar melakukan semedi, agar tidak ada yang mengganggu maka ia menciptakan sebuah pagar gaib agar orang yang mendekatinya, menjadi ketakutan.

Hal ini membuat resah warga Batuan, maka I Dewa Agung Anom, Raja Sukawati kala itu mengutus Patih I Dewa Babi untuk mengusir I Gede Mecaling dari Desa Baturan. I Gede Mecaling menantang Dewa Babi untuk bertanding ilmu menggunakan sarana babi guling. Babi guling milik I Gede Mecaling kakinya diikat dengan tali pelepah pisang dan milik Dewa Babi diikat dengan tali benang. Guling siapa yang ikatannya putus pertama saat dipanggang maka harus meninggalkan Desa Batuan. Dalam adu ilmu tersebut, Ratu Gede Mecaling kalah dan akhirnya diusir dari Batuan dan kembali ke Nusa Penida.


Merasa dicurangi, Ratu Gede Mecaling mengutuk warga Batuan bahwa setiap Sasih Kelima (mulai besok) hingga Sasih Kepitu, pasukan mahkluk halus Ratu Gede Mecaling akan mencari tetadahan (tumbal) di Desa Batuan. Dan barangsiapa warga Batuan yang datang ke Nusa Penida dan mengaku dirinya dari Batuan akan celaka. Benar saja, setiap Sasih Kelima di Batuan ada saja yang meninggal tak wajar, Seorang Pemangku menyarankan pada sasih kalima sampai kesanga agar masyarakat tidur di bawah tempat tidur supaya dilihat seperti babi.

Lama-kelamaan warga merasa jenuh dengan bayang-bayang Ratu Gede Mecaling, Ida Bhatara yang berstana di Pura Desa Batuan memberikan bisikan kepada jro mangku untuk menyuguhkan tarian Rejang Sutri dan Gocekan sebagai penyambutan datangnya Ida Ratu Gede Mecaling bersama pasukan mahkluk halusnya ke Desa Batuan. Diharapkan dengan menonton tarian itu dapat meluluhkan dendam beliau.
BACA JUGA
Asta Kosala dan Asta Bumi Arsitektur Bangunan Suci Sanggah dan Pura di Bali
Muput Piodalan Alit di Merajan / Sanggah
Kamus Hindu Bali

Namun pada masa kini beberapa warga Batuan sudah sering melakukan persembahyangan ke Pura Dalem Ped Nusa Penida, tempat berstananya Ratu Gede Mecaling, dan tak terjadi apa-apa, semoga beliau melupakan kejadian masa lalu dan memberikan keselamatan kepada kita.

CARA MUDAH DAPAT UNTUNG DARI TRADING FOREX KLIK DISINI

https://culturehindu.blogspot.com/2020/10/misteri-kutukan-ratu-gede-mecaling-di-batuan.html

Jumat, 15 Januari 2021

MENGAPA SEMETON DARI BULELENG ITU ASIK BANGET

 



Orang Buleleng memiliki beberapa karakter yg paling menonjol, antara lain: egaliter, skeptik, open-minded dan hangat.

Egaliter dalam artian, semua orang dipandang dan diperlakukan sama/setara. Tidak ada istilah kelas. Dalam percakapan sehari-hari misalnya, mereka lebih banyak menggunakan Bahasa Bali lumrah cenderung kasar (kadang bercampur Bahasa Indonesia) dibandingkan tata bahasa Bali halus—terlepas dari siapapun lawan bicaranya. Cai, awake, nani, kola, siga, dst, adalah sebutan “kamu” dan “aku” yang lumrah digunakan sehari-hari. Bagi mereka ini tidak kasar, tapi “akrab” katanya. Ada juga sebutan “ana” (=saya) dan “ente” (=anda) yang hanya digunakan oleh orang Buleleng.

Jika anda ingin tahu dimana istilah ningrat dan non-ningrat paling banyak ditentang di Bali, jawabannya: di Buleleng. Ketika bertemu orang ningrat yang selalu berbahasa Bali halus —entah karena memang ingin menunjukkan keningratannya atau karena kebiasaan semata— akan diledek dengan “Tyang sampun ngajeng, I ratu sampun ngeleklek?” tentu saja sambil tertawa sinis.

Bukan hanya terbuka dalam menyampaikan sesuatu. Orang Buleleng juga sangat terbuka terhadap nilai-nilai, konsep-konsep dan ide-ide baru—baik yang datangnya dari dalam maupun dari luar. Bisa dibilang tidak ada yang “tenget” (=tabu) bagi mereka, asal masuk-akal. Bapak-bapak bertattoo atau berambut pirang atau mengenakan kalung rantai ala Harley Davidson’s riders, misalnya, bukan berarti mereka mantan preman atau anggota ormas tertentu. Itu hal biasa saja, bukan sesuatu yang luar biasa.


Mungkin karakter egaliter menonjol inilah yang membuat Orang Buleleng cenderung skeptik —istilahnya “meboya”— terhadap banyak hal terkait atribut. Mereka meboya terhadap hal-hal yang berbau feodal. Mereka meboya terhadap hal-hal yang ditabukan. Mereka meboya terhadap orang yang memposisikan dirinya lebih —entah entah itu dalam hal soroh/klan, strata ekonomi, strata pendidikan dan atribut-atribut sejenisnya. Terhadap perilaku yang dinilai sengaja memamerkan kelebihan atribut, Orang Buleleng katakan “Ake sing taen ngon!” (=aku tidak pernah silau.)

Dagang


Dalam pergaulan Orang Buleleng tergolong hangat dan ‘easy going’. Suka berkelakar, ceplas-ceplos dan tidak mudah tersinggung untuk hal-hal yang sifatnya tidak prinsipiil. Jika anda sedang bepergian sendiri dan butuh teman ngobrol, menemukan orang Buleleng mungkin suatu keberuntungan.

Kombinasi karakter menonjol inilah yang membuat orang Buleleng relative mudah bergaul dengan orang/kalangan manapun, termasuk dari etnis-ras-bangsa-dan-agama manapun.


Ingin gaul dengan Orang Bali tanpa mengkhawatirkan batasan-batasan dan aturan ini-itu selain common-sense? Coba gaul dengan Orang Buleleng.
BIN SIK ORANG BULELENG NAK MELIK2

#mana_suarany_orang_BULELENG
#jeleme_BULELENG_asah_udeg_ngenn

Repost Fb/Kadek Widia

Kamis, 14 Januari 2021

MASYARAKAT BALI MENYIMPAN HASIL SAWAHNYA DI DALAM LUMBUNG PADI ATAU DI BALI DI SEBUT "JINENG"TAHUN 1930AN

  


Lumbung adalah bangunan tradisional Bali yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan padi. Lumbung dapat dibedakan menjadi empat jenis, antara lain: Jineng, Kelumpu,Gelebeg, dan Kelingking.

Jineng atau lumbung itu adalah sebagai tempat menyimpan padi bukan beras dan juga menyimpan sumber bahan makanan yang lainnya seperti jagung dan padi-padian lainnya. Hal ini melambangkan agar penggunaan hasil kekayaan yang diusahakan dari bumi ini digunakan secara hemat dan tepat. Menyimpan dalam bentuk padi itu bertujuan untuk menghemat secara tepat. Agar jangan menggunakan hasil kekayaan bumi ini dengan cara yang tidak benar.


Sesungguhnya adanya jineng itu jangan dilihat dari fungsi nyata (sekala) dewasa ini. Jineng di Pura Banua itu hendaknya dilihat dari sudut niskala sebagai simbol sakral. Simbol sakral berupa jineng itu sebagai media untuk menanamkan sikap hidup produktif dan hemat kepada umat. Ke depan ada baiknya jineng itu dibangun kembali untuk dijadikan media menanamkan nilai-nilai spiritual kepada generasi penerus agar ia bisa hidup produktif dan hemat sebagai cara membangun hidup yang makmur secara berkelanjutan. (https://sudarmadakaripura.wordpress.com/)

Dalam Tri Mandala Pura Besakih, Jineng di Pura Banua sebagai hulunya lumbung di Bali.

Pura Banua Hulunya Lumbung di Bali
Vaisyah krsivalah karyo-
gopah sasya bhrtvratah,
vartayukto grhopatah-
ksetra palo tha Vaisyah.
(Slokantara, 37)

Maksudnya:
Swakarma vaisya varna adalah bertani, mengembala ternak mengumpulkan padi-padian, berdagang, mengusahakan rumah penginapan dan menjadi pelindung ladang.

BERTANI dan beternak merupakan mata pencaharian awal dari manusia sebelum adanya perkembangan industri barang maupun industri jasa. Dari bertani dan beternak itulah munculnya usaha dagang sebagai lapangan pekerjaan untuk melangsungkan kehidupan. Orang yang bekerja di sektor ekonomi ini disebut Vaisya Varna dalam sistem profesi untuk mendapatkan mata pencaharian berdasarkan Weda.

Dagang Banten Bali


Tugas petani sebagai Vaisya Varna di samping memproduksi hasil-hasil tersebut agar dapat digunakan sehemat mungkin. Tentunya tidak sampai mengurangi fungsinya untuk membangun hidup sehat sejahtera lahir batin. Memproduksi sumber-sumber kebutuhan hidup sehari-hari itu dan juga menggunakannya agar hemat dan tepat guna bukan pekerjaan yang dapat dilakukan begitu saja.

Pekerjaan itu harus dilakukan dengan ilmu pengetahuan dan juga ketenangan hati. Membina sikap hidup produktif yang hemat tepat guna dapat dilakukan dengan memulainya dari pemujaan pada Tuhan. Pemujaan ini untuk menumbuhkan bahwa pemahaman bahwa Tuhan menghendaki agar semua ciptaan-Nya ini tidak ada yang tersia-siakan. Swami Satya Narayana menyatakan bahwa ada empat hal yang tidak boleh diboroskan. Empat hal ini adalah rezeki, makanan, tenaga, dan waktu.

Hidup produktif dan hemat itu ditanamkan juga dalam sistem pemujaan pada Tuhan oleh umat Hindu di Bali. Karena hidup produktif dan hemat itu salah satu cara untuk membangun hidup yang sejahtera. Hal itu dikembangkan di salah satu kompleks Pura Besakih yang disebut Pura Banua. Di pura ini Tuhan dipuja sebagai Dewa Sri, Sakti Dewa Wisnu sebagai Dewi Kemakmuran.

Pura Banua ini salah satu kompleks Pura Besakih yang juga berkedudukan sebagai hulunya lumbung di Bali. Pura ini terletak bersebelahan dengan Pura Basukian di kanan jalan menuju Pura Penataran Agung Besakih. Kata ”banua” dalam bahasa Bali kuno artinya desa menurut pengertian sekarang. Banua dalam pengertian yang lebih luas adalah suatu wilayah pemukiman untuk membina kerja sama membangun dan memelihara kesejahteraan hidup bersama yang produktif dan hemat. Pelinggih atau bangunan suci yang paling utama di pura ini adalah sebuah pelinggih berbentuk Gedong sebagai stana pemujaan Batari Sri sebagai sakti atau power-nya Dewa Wisnu sebagai Dewa Kemakmuran.


Di pura ini ada sebuah jineng dalam ukuran besar yaitu lumbung padi menurut tradisi umat Hindu di Bali. Sayang lumbung yang disebut jineng itu setelah rusak tidak diperbaiki lagi sehingga bangunan tersebut terhapus. Di lumbung besar itulah hasil-hasil tanah laba Pura Besakih disimpan.

Umat Hindu di Bali kalau memanen padi di sawah umumnya menyisihkan seikat kecil padinya terus diupacarai dan distatuskan sebagai simbol Dewa Nini. Dewa Sri yang dalam hal ini disebut Dewa Nini. Seikat padi yang disimbolkan sebagai Dewa Nini inilah yang distanakan di bagian hulu atau keluwan di ruangan dalam lumbung yang ada di Pura Banua tersebut. Mungkin karena kurang paham akan makna jineng atau lumbung itu maka saat rusak tidak lagi diperbaiki karena saat ini tidak ada lagi orang menyimpan padi dengan cara tradisi seperti dahulu.

Sesungguhnya adanya jineng itu jangan dilihat dari fungsi nyata (sekala) dewasa ini. Jineng di Pura Banua itu hendaknya dilihat dari sudut niskala sebagai simbol sakral. Simbol sakral berupa jineng itu sebagai media untuk menanamkan sikap hidup produktif dan hemat kepada umat. Ke depan ada baiknya jineng itu dibangun kembali untuk dijadikan media menanamkan nilai-nilai spiritual kepada generasi penerus agar ia bisa hidup produktif dan hemat sebagai cara membangun hidup yang makmur secara berkelanjutan.

Untuk masyarakat awam ajaran agama yang abstrak itu divisualisasikan dalam bentuk simbol. Dengan simbol itulah berbagai hal bisa dijelaskan secara lebih mudah kepada umat kebanyakan. Apa lagi simbol tersebut terkait dengan pemujaan pada Dewi Sri, Sakti Dewa Wisnu manifestasi Tuhan sebagai Dewi Kemakmuran. Kehadiran Tuhan sebagai Dewa Kemakmuran diwujudkan sebagai Dewi Sri di pelinggih Gedong dan sebagai Dewa Nini di lumbung pura.


Dewi Sri lambang Tuhan dalam spirit kemakmuran, sedangkan Dewa Nini dalam wujud kongkretnya. Dewi Sri ibarat jiwa atau Purusa-nya, sedangkan Arca Dewa Nini sebagai wujud fisik atau Pradana-nya. Demikianlah dapat diumpamakan. Karena itu Dewa Nini itu disimbolkan dengan seikat padi. Padi yang dijadikan simbol Dewa Nini itu tentunya padi dari pilihan yang terbaik sehingga menjadi contoh produksi untuk diupayakan oleh masyarakat petani mempertahankan kualitas produknya.

Ini artinya seikat padi terpilih sebagai simbol arca itu, di samping bermakna sebagai simbol sakral ia juga memiliki nilai sebagai simbol material untuk dijadikan contoh oleh pada petani dalam mempertahankan dan mengembangkan kualitas produknya.

Di Pura Banua ini di samping ada Gedong dan Jineng stana Dewi Sri dan Dewa Nini ada juga Balai Pesamuan yang terletak di sebelah kiri Gedong Dewi Sri. Balai Pesamuan ini bertiang delapan dan dibagi menjadi dua bagian yang disekat dengan sebilah papan. Balai Pesamuan ini sebagai tempat bertemunya para pemimpin masyarakat Desa Besakih dengan telah ditentukan tempat duduknya masing-masing.

Balai Pesamuan ini sebagai simbol bahwa dalam membangun kehidupan ekonomi agraris itu tidak bisa para petani berjalan sendiri-sendiri. Apa lagi kehidupan petani sangat tergantung pada iklim dan musim yang ditentukan oleh dinamika alam. Para petani harus mendapat tuntunan dari para akhli dan praktisi astronomi yang dalam ajaran Weda disebut Jyothisa.

Di samping ditentukan oleh musim bertani itu juga ditentukan oleh hari baik atau dewasa menanam padi. Yang juga amat menentukan adalah manajemen irigasi. Hal-hal inilah yang akan menjadi pembahasan umat petani dalam mengembangkan kemakmuran bersama. Hidup bersama itu harus dikembangkan berbagai kebijakan melalui suatu musyawarah agar semua informasi yang ada dapat ditata sesuai dengan fungsi dan profesi yang dimiliki oleh masyarakat bersangkutan.* i ketut gobyah
http://www.babadbali.com/

#BALITEMPOEDULOE #TROPENMUSEUM # #SEJARAH # #BALILAWAS # #BALIAGE #KEUNIKANBALI #ADATTRADISI #ADATBUDAYA #

Rabu, 13 Januari 2021

Jenis-Jenis Uang Kepeng dan Fungsinya

 Uang kepeng merupakan salah satu sarana yang tidak lepas dari upacara agama Hindu, baik itu dalam upacara Manusa yajna, bhuta yajna, Dewa Yajna, Pitra Yajna mau pun Rsi Yajna. Uang kepeng dianggap sebagai sarana yang sangat penting dalam setiap upacara. Tak heran jika tanpa uang kepeng suatu upacara tidak dapat dilaksanakan. Berdasarkan jenisnya uang kepeng dapat diklasifikasikan menjadi enam jenis diantaranya yakni Uang kepeng Lumrah, Uang kepeng Koci, Uang kepeng Kerinyah, uang kepeng Lembang, uang kepeng Jahi dan uang kepeng Jimat (Sudarma, 2008:15-16).




Foto; Mutiarahindu.com

Jika dilihat bentuk dan fungsinya, maka ke-enam uang kepeng diatas dapat dijelaskan sebagai berikut;


1. Uang kepeng Lumrah


Yaitu uang kepeng yang digunakan dalam setiap upacara agama. Ada pun bentuk dari uang kepeng Lumrah adalah pada bagian tengahnya bergaris tengah sekitar tiga sentimeter dengan warna hitam. Biasanya uang ini terbuat dari perunggu yang kadar tembagahnya tampak lebih besar (Sudarma, 2008:16). Uang kepeng lumrah dinilai memiliki nilaireligius dan lasim digunakan untuk membuat patung dewa seperti patung Dewa rambut sedana.

CARA MUDAH DAPAT UNTUNG DARI TRADING FOREX KLIK DISINI

2. Uang kepeng Koci


Yaitu uang kepeng yang bentuknya lebih kecil dari uang kepeng biasa dengan garis tengah sekitar dua sentimeter. Uang kepeng koci berwarna hitam dan terbuat dari perunggu yang campuran tembagahnya tampak lebih besar. (Sudarma, 2008:16).





3. Uang kepeng Kerinyah, 


Yaitu uang kepeng yang bentuknya sama dengan uang kepeng biasa, hanya saja yang membedakan dengan yang lain yakni warnanya berwarna kuning, sebab bahanya terbuat dari campuran kuningan. Uang kepeng ini tidak memiliki keistimewaan tertentu. (Sudarma, 2008:16).


4. Uang kepeng Lembang 


Yaitu uang kepeng yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan uang kepeng biasa. Uang kepeng Lembang memiliki ukuran garis tengah tiga setengah sentimeter dengan warna kuning seperti uang kepeng Kerinyah. Pada umumnya uang kepeng Lembang digunakan sebagai alat judi yang disebut dengan makeles. (Sudarma, 2008:16).





5. Uang kepeng Jahi 


Yaitu uang kepeng yang ukurannya sama dengan uang kepeng Koci. Uang kepeng ini pada umumnya juga digunakan sebagai alat judi yang disebut dengan Mapincer. (Sudarma, 2008:16).

Dagang Banten Bali


6. Uang kepeng Jimat 


Yaitu uang kepeng yang digunakan khusus untuk hal-hal tertentu dan tidak digunakan untuk pembayaran. Sebab dinilai memiliki nilai magis dan mistis. Uang ini memiliki beberapa jenis antara lain pipis arjuna, pipis bima, pipis jaran, dan pipis gajah. (Sudarma, 2008:16).

Pipis arjuna, dipercaya bahwa seseorang yang memakai Pipis ini sebagai jimat akan memperoleh sifat-sifat yang menyerupai Arjuna yakni memiliki kemampuan untuk bercumbur rayu dan menaklukan wanita.
Pipis bima, dipercaya bahwa seseorang yang memakai Pipis ini sebagai jimat akan memperoleh sifat-sifat yang menyerupai Bima yaitu jujur, berwibawa mempunyai kekuatan seperti Bima, berwibawa, mempunyai ketahanan dan kekuatan fisik.
Pipis jaran, dipercaya bahwa seseorang yang memakai Pipis ini sebagai jimat akan memperoleh karakteristik seperti kekuatan untuk berlari seperti kuda.
Pipis gajah dipercaya bahwa seseorang yang memakai Pipis ini sebagai jimat akan memperoleh karakteristik seperti memiliki kekuatan sekuat gajah (Sidemen, 1998: 37 – 40).

Selain dari keenam jenis uang kepeng diatas masih banyak lagi uang kepeng yang pernah ada di negeri Nusantara. Seperti misalnya uang kepeng Bobongan Jawa (Pis Bolong Gobongan Jawa), dan Uang Kepeng Gobongan Bali (Pis Bolong Gobongan Bali). Uang kepeng dini diperkirakan ada pada tahun 1769 Masehi sampai 1860 Masehi. 



RELATED:
Makna dan Fungsi Bunga Dalam Upacara Yajna Agama Hindu
Macam-Macam Jenis Air Suci Tirta Dalam Upacara Yajna Agama Hindu
Makna dan Fungsi Air Suci Tirta Dalam Upacara Yajna Agama Hindu
Kemudian Uang kepeng Rerajahan, Uang Kepeng Paica dan Uang kepeng Pretima. Uang kepeng Rerajahan termasuk dalam uang kepeng Jimat, sebab uang kepeng ini dibuat khusus dengan gambar-gambar (dirajah) yang memiliki kekuatan magis. Pada umumnya uang kepeng ini dibuat dari Tembaga, Kuningan dan perunggu.


Uang Kepeng Paica yaitu uang kepeng yang diperoleh karena melakukan tapa samadi pada tempat-tempat suci. Jenis uang ini tergolong Uang kepeng Jimat karena gambarnya merupakan tokoh-tokoh dalam pewayangan seperti dalam kisah Mahabrata dan Ramayana. Uang kepeng Pretima yaitu jenis uang kepeng yang digunakan untuk memuja Tuhan dalam bentuk simbol-simbol. Pada umumnya uang kepeng ini hanya ditemui pada tempat-tempat suci yang sacral.


Seperti kita ketahui bahwa uang Kepeng atau Pis Bolong secara umum dapat diartikan sebagai jenis uang logam yang berbentuk bulat dan ditengahnya berlubang segi empat. Arjan Van Aelst (1995: 357-359) mengatakan bahwa pemerintah majapahit sengaja mengimpor uang kepeng untuk mempermudah transaksi di wilayah Indonesia. Demikianlah jenis-jenis uang kepeng yang penulis dapat rangkum. Semoga bermanfaat.


Referensi https://www.mutiarahindu.com/2018/05/uang-kepeng-merupakan-salah-satu-sarana.html


Arjan, Van Aelst, 1995, Batavia Cas Cain, dalam oriental Numismatic News Letter.
Sudarma, I Putu. 2008. Esensi Uang Kepeng Dalam Ritual Hindu. Surabaya. Paramita.
Sidemen, Ida Bagus. Dkk. 1998. Sejarah Alih Fungsi Uang Kepeng Dalam Lontar Majalah Dokumentasi Budaya Bali, No 11 Tahun III. Denpasar: Tanpa Nama Penerbit

APA YANG BISA KITA LAKUKAN DI MASA PANDEMI???

 APA YANG BISA KITA LAKUKAN DI MASA PANDEMI???

APA YANG BISA KITA LAKUKAN DI MASA PANDEMI? Pandemi COVID-19 sedikit 
banyak berdampak diberbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pekerjaan kita. Tidak sedikit yang mengalami pemotongan gaji dan pemutusan hubungan kerja. Sementara, kebutuhan dan tuntunan hidup di zaman sekarang semakin tinggi. Bahkan banyak kebutuhan yang aslinya sekunder sudah bergeser menjadi kebutuhan primer. Karena itu, smencari pemasukan tambahan dengan berbisnis sampingan bisa jadi salah satu strategi yang bisa kita lakukan lho.  

 
Di era digital ini, banyak pilihan bisnis yang bisa kita coba tanpa perlu dengan modal yang besar dan biaya pemasaran yang tinggi. Nah buat anda yang ingin berbisnis namun masih bingung, berikut ini ada beberapa ide bisnis yang bisa anda lakukan dan mungkin ini cocok. Berikut contohnya:
 
Jasa kursus online
Bagi anda yang mempunyai skill tertetu cukup mumpuni, misalnya seperti menggambar, digital marketing, menulis, ataupun itu, anda bisa coba membuka kelas kursus/pelatihan online. Apalagi jika anda mempunyai berbagai kemampuan ilmu atau mengajar yang baik, kelas online anda bisa menjadi favorit dan memiliki banyak favorit.
 
Kuliner online rumahan
Anda jago masak? Jika iya, anda bisa coba membuka usaha kuliner online rumahan lho. Tidka perlu memiliki restoran, semua bisa dilakukan dari rumah dan menjualnya lewat via market place atau social media. Yang terpenting jangan lupa untuk menganggarkan biaya promosi untuk pemasaran digital via sosmed atau membagi sample produk ke teman-teman, keluarga dan warga sekitar.
Jasa desain
Jika anda jago desain! Keahlian ini sangat bisa untk dipasarkan dan dijual di era digita ini. anda bisa coba menawarkan dengan sistem pre order. Anda bisa memasarkan keahlian ada ini di media sosial.
 
Buka toko online
Berjualan atau membuka took online. Meski pesaing banyak, tetapi kesempatan dan peluang selalu ada, jika anda tidak mempunyai produk sendiri, kita bisa memulainya dengan menjual barang-barang yang memang sesuai dengan interest kita. Misalnya kita hobi dengan baju-baju, mainan, alat rumah tangga, sepatu nah ide ini bisa anda lakukan dna menjualnya melalui online di berbagai media sosial. Selain sosmed, kita juga bisa memaksimalkan usaha kita dengan memanfatkan berbagai situs market place. Misalnya lewat buka lapak, shoppe, took pedia, dan market place lainnya.
 
Nah itu dia ide-ide usaha online yang bisa anda lakukan di masa pandemic ini, silahkan mencoba dan tentunya pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian kita ya kak. Karena rasanya akan lebih hoki jika sesuai dengan hobi kita.

Selasa, 12 Januari 2021

Cara Merangkai Bunga Meja

 Cara Merangkai Bunga Meja

Cara Merangkai Bunga Meja- Banyak yang bisa jadi beranggapan kalau merangkai bunga cuma dapat dicoba oleh para profesional saja. Sementara itu cara merangkai bunga bisa dicoba oleh siapa saja apabila menekuni prinsip- prinsipnya dengan baik, termasuk kalian yang belum sempat sama sekali mencobanya.

Tidak hanya itu, banyak pula manfaat yang dapat kalian miliki bila menekuni cara merangkai bunga sendiri. Kalian dapat membuat rangkaian bunga sesuai dengan keinginanmu, serta sedikit berhemat sebab tidak lagi tergantung dengan jasa perangkai bunga. Kalian pula dapat menghias rumah dengan rangkaian bunga bila kadang- kadang terdapat kegiatan spesial, misalnya sebagai dekor ulang tahun.

Cara Merangkai Bunga Meja

Buat membantu kalian mempelajari cara merangkai bunga meja , Kania hendak menarangkan langkah- langkah pengerjaannya dengan sedikit tips dan trick supaya cara merangkai bunga mejalebih gampang dicoba.

1. Pastikan Konsep Rangkaian Bunga

Tahap awal dari cara merangkai bunga mejamerupakan memastikan konsep rangkaian bunga yang akan dibuat. Konsep rangkaian bunga umumnya dicocokkan dengan kegiatan yang hendak diadakan. Apakah rangkaian bunga hendak ditempatkan pada kegiatan resmi semacam dekor pernikahan atau informal. Langkah cara merangkai bunga ini akan memastikan tipe bunga apa yang hendak kalian pilih nantinya.

2. Pilih Gabungan Tipe Bunga

Langkah berikutnya dari cara merangkai bunga mejamerupakan memilih gabungan bunga yang hendak dipakai. Memilih minimal 3 bunga dengan tipe yang berbeda. Seleksi satu tipe bunga yang berukuran lebih besar buat ditempatkan di bagian tengah rangkaian. Corak bunga yang ditempatkan ditengah pula hendaknya lebih muncul dibanding ke 2 bunga yang lain.

Tipe bunga pula pengaruhi volume rangkaian bunga. Gabungan beberapa bunga dengan format yang lebar hendak menciptakan susunan bunga yang lebih bervolume. Kebalikannya, bila mau susunan bunga nampak minimalis serta biasa seleksi bunga yang berdimensi lebih ramping.

3. Samakan Kombinasi Warna Bunga dengan Tema yang Kalian Inginkan

Buat menolong kamu memilih tipe bunga apa yang pas, lakukanlah tahapan metode merangkai bunga selanjutnya ini. Sesuaikanlah warna bunga yang kalian seleksi dengan tema kegiatan.

Bagaikan dekorasi pelaminan, bunga dengan warna- warna yang elegan serta tenang sesuai buat kegiatan di malam hari. Sedangkan bunga yang lebih jelas lebih cocok ditempatkan buat menceriakan acara di siang hari. Demikian juga dengan rangkaian bunga yang dipakai bagaikan dekor sehari- hari, samakan kombinasi warnanya dengan gaya ataupun tema konsep interior ruangan.

4. Seleksi Vas yang Akan Digunakan

Serupa semacam dengan tahapan cara merangkai bunga yang lain, penentuan vas bunga tergantung dengan opini apa yang mau kalian hadirkan nantinya. Maksudnya tetap wajib dicocokkan dengan tema yang kalian pastikan di awal.

Vas bunga dari kaca bisa menunjukkan opini elegan yang klasik, tetapi pula cocok buat dipakai pada acara-acara informal sebab di satu bagian vas kaca pula menunjukkan opini kasual yang chic. Bila rangkaian bunga hendak dipakai bagaikan centerpiece dari dekor yang dipajang di atas meja ataupun rak, tempatkan susunan di dalam vas keramik.

Janganlah ragu buat bersksperimen pada langkahcara merangkai bunga meja ini. Beri sentuhan personal dengan memakai vas yang kalian kreasikan sendiri.

5. Potong Tangkai Bunga Sesuaikan dengan Ketinggian Vas

Tahapan cara merangkai bunga mejaberikutnya merupakan merapikan bunga dengan memotong daun serta duri yang ada di tangkainya. Setelahnya, potong tangkai bunga cocok dengan lapisan yang diinginkan.

Umumnya tiap tangkai bunga dipotong dengan variasi yang berbeda- beda serta yang terutama tidak kurang dari tinggi vas. Buat menjauhi kekeliruan pada cara merangkai bunga di langkah ini, taruh tangkai bunga sejajar dengan vas bunga pada dikala kalian memotongnya.

6. Tata Bunga di Dalam Vas

Bunga- bunga yang sudah rapi terpotong, saat ini sedia dirangkai. Cara merangkai bunga hendak lebih gampang dikala bunga yang berukuran sangat besar di tempatkan di tengah serta bunga yang berukuran lebih rendah menjajaki di pinggir- pinggirnya.

Saat sebelum rangkaian bunga di masukan ke dalam vas buat menjaganya tetap rapi ikat rangkaian bunga dengan kawat ataupun perekat kertas. Metode lain yang dapat kalian jalani supaya bunga tetap tersusun rapi merupakan dengan menaruh busa di bagian bawahnya supaya tangkai bunga bisa berdiri berdiri. Tetapi, metode merangkai bunga dengan busa ini hendak mengganggu bentuk bila kalian memakai jambangan kaca.

7. Segarkan dengan Air serta Bonus Aksesoris

Dikala merangkai bunga kalian dapat memadukannya dengan sebagian aksesori semacam tumbuhan pakis serta baby’ s breath. Cara merangkai bunga pula mencermati di mana vas bunga hendak diletakkan. Hingga dari itu, atur ketinggian serta arah penyusunan bunga alhasil nampak simetri serta bagus dipandang dari sudut mana juga. Tambahkan air bersih pula ke dalam vas supaya susunan bunga selalu terlihat fresh.

bagimana, tidak sulit kan cara merangkai bunga meja di atas? Saat ini, apakah kalian telah siap untuk membuat susunan atau rangkaian bunga yang menawan serta mempesona?. Jika kalian masih bingung atau kesulitan kalian bisa menghubungi alfindo florist salah satu  toko bunga tangerang  yang murah dan bervafiasi. semoga bermanfaat.