Selasa, 28 Januari 2020

Cara Membuat Peuyeum Bol Khas Bandung


Cara Membuat Peuyeum Bol Khas Bandung

Bandung adalah surganya makanan. Berwisata kuliner di Bandung, dijamin Anda akan disuguhi berbagai macam sajian makanan yang unik, menarik, dan tentunya enak. Peuyeum Bandung atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan tape adalah salah satu makanan khas tanah Sunda. Kuliner Bandungyang satu ini memang sudah berpuluh-puluh tahun menjadi primadona oleh-oleh atau makanan khas.

Menurut sejarahnya Peuyeum Bandung banyak dibuat karena pada zaman dulu terdapat banyak pohon singkong di Bandung, maka orang-orang zaman dulu memanfaatkannya dengan cara mengolah makanan yang berbahan dasar singkong menjadi Peuyeum, karena Peuyeum dipercaya mampu menghangatkan tubuh. Kata “Peuyeum”  berasal dari bahasa Sunda. Mereka sering menyebut Peuyeum dengan sebutan Peuyeum sampeu atau tape singkong.

Cara membuat Peuyeum juga cukup mudah. Singkong yang sudah dibersihkan dikukus sampai matang, kemudian ketika sudah dingin cukup ditaburi dengan ragi dan disimpan di wadah yang tertutup. Waktu fermentasinya sekitar 2 sampai 3 hari. Bukan hanya wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang menyukai Peuyeum ini, orang Bandung sendiri menjadikan Peuyeum sebagai makanan ringan di saat sedang santai atau sekedar dijadikan buah tangan ketika sedang mengunjungi kerabat di luar kota Bandung.

Peuyeum sebenarnya bukan hanya berasal dari Bandung, daerah lain di Jawa Barat pun banyak yang membuat dan menyediakan aneka Peuyeum sebagai makanan khasnya. Hanya karena Peuyeum sempat fenomenal dan terkenal di Bandung, maka dari itu orang-orang lebih mengenal Peuyeum Bandung. Sayangnya saat ini kepopuleran PeuyeumBandung sudah banyak teralihkan dengan makanan lain yang lebih modern.


Peuyeum ball atau resep tape singkong goreng tepung berbentuk kue bola – bola tape, enak tanpa isi karena empuk bagian dalam serta renyah di kulit luar. Keju parut sebagai toppingnya, atau taburan gula halus jika suka variasi rasa manis, bisa kita bikin dengan cara mudah untuk melengkapi menu cemilan sederhana praktis di rumah.
Bahan bahan:

Tape singkong (peyeum Bandung) > 500 gram
Tepung tapioka > 2 sendok makan
Gula putih yang dihaluskan (tepung gula) > 1 sendok makan
Garam > 1/8 sendok teh(seujung lidah sendok teh)
Baking powder > 1/8 sendok teh (seujung lidah sendok teh)
Keju cheddar > 150 gram, potong dadu (kotak)
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Taburan

Gula putih yang dihaluskan (tepung gula)

Cara Membuat 

Lumatkan tape singkong dalam wadah hingga halus dengan sendok makan. Masukan tepung tapioka, gula putih halus, garam dan baking powder, aduk hingga rata dan kalis.
Ambil satu sendok makan adonan, bulatkan dan pipihkan. Beri isi potongan keju, tutup dan bulatkan kembali. Lakukan kegiatan tersebut hingga semua bahan habis.
Panaskan minyak dengan api sedang. goreng bola-bola tape hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan sebentar. Selagi masih panas gulingkan bola-bola tape kedalam gula putih halus (tepung gula) hingga rata.
Sajikan Bola-bola Tape Singkong (Peyeum Bandung) Goreng Isi Keju bahanbumbu.blogspot.com bersama nikmatnya minuman teh hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar