Rabu, 30 Maret 2022

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu

 Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu



Wawasanmu akan bertambah setelah kamu membaca beberapa pertanyaan dan jawaban sains di bawah ini.

1. Planet apa yang memiliki hari terpendek?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Jupiter. Jupiter memiliki hari terpendek karena ia berputar mengelilingi porosnya dengan periode terpendek dibanding plant lainnya di tata surya kita. Dibutuhkan waktu selama 9 jam 55 menit bagi Jupiter untuk berotasi pada porosnya yang berarti panjang harinya hanya 9 jam 55 menit atau sekitar 10 jam.

Meskipun begitu, Jupiter memiliki tahun yang panjang. Dibutuhkan 12 tahun Bumi bagi Jupiter untuk berputar mengelilingi matahari. Sedangkan yang memiliki hari terlama adalah Venus dengan satu harinya sama dengan 243 hari di Bumi atau sekitar 5.832 jam. 

Kenapa ular menjulurkan lidahnya? Cek juga 20 pertanyaan sains ini untuk menambah wawasanmu

2. Apa nama bintang yang paling dekat dengan Bumi?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Matahari. Bintang adalah massa gas yang menghasilkan panas dan cahaya dari fusi nuklir di pusatnya. Matahari adalah satu dari banyak bintang di galaksi kita yang juga merupakan bintang yang paling dekat dengan Bumi, dengan jarak 150.000.000 km.

 

Bintang paling dekat kedua adalah Proxima Centaury, yang berjarak 4,3 tahun cahaya atau sekitar 39.900.000.000.000 km.

3. Siapa manusia pertama yang berjalan di Bulan?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Neil Armstrong. Pada tanggal 21 Juli 1969, Neil Armstrong menjadi orang pertama yang berjalan di Bulan. Ia merupakan salah satu dari tiga awak dalam misi Apollo 11, yang juga Buzz Aldrin dan Michael Collins. Buzz Aldrin kemudian menyusul Neil dan menjadi orang kedua yang menginjakkan kaki di Bulan. Sedangkan Michael Collins tetap mengendalikan Modul Komando Columbia mengelilingi bulan.

4. Apa itu bulan biru?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Bulan biru umumnya berarti bulan purnama kedua dalam sebulan. Nama bulan biru sebenarnya tidak ada hubungannya dengan warna. Alasan sebenarnya kenapa disebut bulan biru tidak sepenuhnya diketahui. 

5. Apa itu gerhana bulan?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Gerhana Bulan adalah ketika Bumi berada di antara bulan dan Matahari. Matahari, Bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus di mana Bumi menghalangi sinar matahari untuk sampai ke bulan, sehingga terjadilah gerhana. Sedangkan ketika gerhana matahari total, bulan yang menghalangi sinar matahari sampai ke Bumi. 

Sedangkan matahari tidak bergerak, sehingga matahari tidak akan pernah berada di antara Bumi dan bulan. 

6. Apakah matahari sebenarnya bergerak atau tidak?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Iya. Matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi, dengan membawa serta planet, asteroid, komet, dan objek lainnya di dalam tata surya kita. Tata surya kita bergerak dengan kecepatan rata - rata 720.000 km per jam.

7. Apakah di kutub ada matahari?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Di daerah lingkaran kutub, matahari tidak terbenam selama enam bulan musim panas (midnight sun) dan tidak terbit selama enam bulan musim dingin (polar night). Hal ini terjadi karena kemiringan sumbu Bumi terhadap orbitnya mengelilingi matahari.

8. Kenapa es mengambang di atas air?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Kebanyakan benda padat seperti batu, lebih berat daripada air, sehingga tenggelam. Tetapi es memiliki densitas atau kepadatan yang lebih rendah. Ikatan hidrogen yang terbentuk ketika air membeku memungkinkan molekul - molekul menyebar, sehingga mengurangi kepadatan keseluruhan dan membuatnya mengapung di atas air. 

Ini adalah sifat khusus air, karena sebagian besar zat memiliki kepadatan lebih rendah ketika menjadi cairan daripada menjadi benda padat. 

9. Apa bedanya badai dan topan?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Badai dan topan adalah fenomena cuaca yang sama, yang disebut siklon tropis. Siklon tropis adalah sistem tekanan udara rendah yang terbentuk di atas perairan tropis yang hangat. 

Satu - satunya perbedaan antara badai dan topan adalah wilayah terjadinya. Siklon tropis yang terjadi di Samudra Atlantik dan Pasifik Timur disebut "badai", dan di Pasifik Barat Laut disebut "topan". Sedangkan di Pasifik Selatan dan Samudra Hindia hanya disebut siklon tropis.

10. Apa zat paling keras di tubuh kita?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Enamel gigi merupakan zat terkuat dalam tubuh manusia yang bahkan lebih kuat daripada tulang. Enamel terbuat dari 96% mineral, lebih banyak daripada bagian lain dari tubuh manusia, sehingga membuatnya sangat keras. 

Sedangkan tulang sebagian besar terbuat dari kolagen, yang lebih lembut dan fleksibel. Karena kolagen itu jaringan hidup, ketika tulang kita patah mereka bisa memperbaiki diri mereka sendiri secara alami. Tetapi ketika enamel gigi rusak, kerusakan tidak bisa diperbaiki ataupun ditumbuhkan kembali secara alami karena enamel tidak terbuat dari jaringan hidup.

11. Ada berapa jumlah tulang dalam tubuh manusia dewasa?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu


Jumlah resmi tulang pada manusia dewasa adalah 206. Bayi dilahirkan dengan tulang lebih banyak yaitu sekitar 300 tulang. Beberapa tulang bayi sebenarnya adalah tulang rawan yang fleksibel. Seiring bertambahnya usia, tulang rawan itu akan mengeras dan beberapa tulang menyatu. Inilah yang menyebabkan tulang menjadi lebih sedikit ketika kita dewasa.

Tulang terbesar pada tubuh manusia adalah tulang paha. Sedangkan tulang terkecil adalah tulang sanggurdi yang terletak pada telinga.

12. Di mana otot tercepat di tubuh kita?

Kenapa Es Mengambang di Atas Air? 12 Pertanyaan Sains Ini Akan Menambah Wawasanmu



Mata. Otot mata dianggap paling cepat karena dapat menggerakkan mata ke segala arah dalam sepersekian detik. Otot disekitar mata kita bisa menutup kelopak mata dalam 100 milidetik atau sepersepuluh detik. Otot pada mata ini bergerak lebih cepat daripada otot lain, dan juga dapat mendorong otot lain untuk bergerak juga. Setelah otak, mata adalah organ paling kompleks kedua di tubuh kita. Cek juga 10 pertanyaan sains tentang hewan ini


Kenapa Wajah Bulan Yang Menghadap Ke Bumi Selalu Terlihat Sama?

 Kenapa Wajah Bulan Yang Menghadap Ke Bumi Selalu Terlihat Sama?


Sebagai satelit alami bumi Bulan bergerak mengelilingi Bumi. Pergerakan itu dinamakan revolusi. Revolusi Bulan mengelilingi Bumi lamanya 27 hari. Lebih tepatnya 27,322 hari. Bulan juga bergerak berputar pada sumbunya. Gerakan ini disebut rotasi. Rotasi Bulan lamanya juga 27 hari. 

Hanya satu sisi Bulan yang menghadap ke Bumi dikarenakan Bulan berotasi dengan kecepatan yang sama dengan waktunya mengorbit mengitari Bumi. Keadaan ini disebut rotasi sinkron. 

Beberapa satelit di planet lain juga mengalami hal yang sama.

Sisi dekat Bulan merupakan bagian dari Bulan yang secara permanen menghadap ke Bumi. Dan bagian Bulan yang selalu membelakangi Bumi adalah sisi jauh bulan.

Dilansir dari Astronomy.com Pada tahun 1959, Luna 3 Soviet pertama kali memotret sisi jauh, dan pada 1968, saat Apollo 8 NASA mengorbit Bulan, mata manusia pertama kali melihat sisi jauh Bulan. Sejak saat itu banyak satelit yang mengirim kembali gambar dan data lain yang menunjukkan bahwa sisi jauh Bulan berbeda dari sisi dekat. 


Sisi Dekat Bulan Lebih Gelap

Sisi dekat lebih gelap daripada sisi jauh, namun julukan untuk sisi jauh adalah "sisi gelap bulan" meskipun itu sebenarnya adalah sisi terang dari bulan. 

Pada sisi dekat, terdapat wilayah gelap di permukaan bulan. Wilayah gelap tersebut adalah dataran rendah di bulan yang disebut Mare atau dalam bahasa latin artinya 'Laut'. Mare terbentuk dari basalt sisa - sisa banjir magma miliaran tahun lalu yang mendingin dan memadat.

Sedangkan dataran tinggi di sisi jauh terbuat dari mineral berwarna terang yang disebut feldspar. 

Kerak pada sisi dekat lebih tipis dan lebih tebal di sisi jauh, sehingga lebih sulit bagi magma untuk mencapai permukaan sisi jauh dan akhirnya hanya sedikit Mare yang terbentuk.

Tabrakan asterois lebih mudah mematahkan kerak pada sisi dekat, memungkinkan magma naik untuk mengisi cekungan hasil tabrakan tersebut dan membentuk endapan Mare.

Sampai saat ini permukaan sisi jauh Bulan hanya dapat diamati menggunakan wahana antariksa khusus. Cek juga tentang alasan kenapa luar angkasa itu kelihatan gelap.

Hari Peduli Autisme Sedunia, Berikut 8 Manfaat AR bagi ASD

 Menyambut Hari Peduli Autisme Sedunia, Berikut 8 Manfaat AR bagi ASD



Tanggal 2 April adalah Hari Peduli Autisme Sedunia. Walau terapi atau pengobatan itu penting, kebanyakan anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) tidak akan mengerti atau peduli tentang pentingnya hal tersebut. Yang mereka pedulikan adalah tentang hal-hal yang disukai setiap anak yaitu bersenang-senang dan merasa aman. Augmented Realityberbasis perangkat seluler memiliki “faktor keakraban” yang dibutuhkan banyak anak autisme agar merasa aman, terutama ketika anak sudah nyaman dengan game smartphone atau tablet.

Untuk anak-anak yang sangat rentan terhadap kelebihan sensorik, VRatau AR berbasis headset bisa terlalu rumit untuk ditangani sekaligus. Mobile AR bisa menjadi solusi karena memungkinkan anak-anak untuk terlibat semampu mereka dan berhenti sebelum mereka merasa tidak nyaman. Game AR tidak diragukan lagi menyenangkan untuk anak-anak, dan anak-anak dengan ASD jauh lebih mungkin tertarik pada game daripada rekan-rekan neurotipikal lainnya. Bertemu mereka di mana mereka berada, di tempat yang akrab, dapat menjadi cara yang efektif dan tanpa hambatan bagi tim perawatan dan keluarga untuk mencapai tujuan dan hasil.



Bagaimana augmented reality (AR) dapat digunakan untuk membantu pasien yang memiliki diagnosis ASD? ASD adalah gangguan perkembangan yang mempengaruhi komunikasi dan perilaku dan sering muncul dalam dua tahun pertama kehidupan. Gejala dapat mencakup kesulitan berkomunikasi dan interaksi sosial dengan orang lain, minat terbatas, dan perilaku berulang.

AR adalah teknologi di mana informasi digital (gambar, audio, teks) ditambahkan ke dunia nyata, baik dengan perangkat seluler atau headset dan kacamata AR. AR muncul sebagai teknologi yang menjanjikan untuk membantu mereka yang memiliki ASD memahami dunia lebih lengkap dengan menjembatani dunia fisik dan digital. Beberapa dampak AR terhadap ASD, dan penelitian menunjukkan efeknya positif dalam berbagai situasi. AR dapat mendorong bermain dan meningkatkan bahasa, komunikasi, identifikasi emosi, dan kosa kata. Hasil juga menunjukkan manfaat seperti peningkatan motivasi, perhatian, dan pembelajaran tugas baru.

Berikut adalah 8 manfaat AR yang dapat menjadi berita baik di hari peduli autisme sedunia.

1. Tingkatkan Perhatian dan Emosi Positif

Menyambut Hari Peduli Autisme Sedunia, Berikut 8 Manfaat AR bagi ASD

Aplikasi berbasis AR digunakan untuk meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pembelajaran bagi orang-orang dengan ASD. Overlay AR seperti video 3D, gambar, dan informasi, dapat ditambahkan ke apa saja dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pengalaman AR ini menghasilkan peningkatan keterlibatan, kenikmatan, motivasi, dan perhatian. Sebuah studi khusus yang dirancang untuk mengajarkan diskriminasi objek mengungkapkan peningkatan 62% dalam partisipasi tugas dan siswa menjadi lebih bahagia dan lebih bertekad. Aplikasi AR dan kecerdasan buatan baru berbasis Google Glass memotivasi dan memberi penghargaan kepada pengguna untuk pembelajaran sosial dan kognitif.

2. Meningkatkan Interaksi Sosial

Sebuah aplikasi AR yang dikembangkan untuk sekolah umum di California mampu melatih keterampilan sosial seperti kontak mata, memulai interaksi, mengajukan pertanyaan, dan berbagi minat dengan teman sebayanya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berpasangan dan kemudian mendukung mereka melalui setiap langkah latihan interaksi. Siswa melaporkan bahwa aplikasi itu menyenangkan, menarik, dan memiliki kemampuan mengajar yang luar biasa. Jumlah keseluruhan interaksi meningkat, baik antara siswa dengan ASD maupun siswa tanpa ASD.


3. Mengajarkan Ekspresi Wajah

Sebuah studi penelitian menyelidiki apakah AR dapat memungkinkan remaja dengan ASD untuk lebih mudah mengenali ekspresi emosional. Model wajah 3D dari setiap peserta dibuat untuk digunakan sebagai "topeng" overlay AR dan masing-masing diubah secara digital untuk menampilkan ekspresi wajah yang umum. Peserta diberitahu cerita pendek dengan ilustrasi yang menyoroti satu emosi tertentu, dan kemudian diminta untuk memilih topeng emosi yang sesuai. Menggunakan sistem cermin AR, topeng virtual ini kemudian akan muncul di wajah peserta untuk memperkuat emosi yang digambarkan. Penelitian menyimpulkan bahwa sistem AR meningkatkan kesadaran emosi wajah dan meningkatkan perhatian berkelanjutan & selektif, sementara orang tua peserta melaporkan peningkatan keterampilan sosial dan upaya mengekspresikan perasaan.

4. Ajarkan Isyarat Sosial Nonverbal

Aplikasi AR dikembangkan untuk studi yang menyoroti isyarat sosial nonverbal dalam buku cerita. Setiap isyarat sosial yang digambarkan dilapisi dengan video tambahan untuk menjadi fokus anak-anak. Setelah intervensi AR, semua skor peserta meningkat secara signifikan dari fase awal penelitian. Anak-anak terlibat dan tertarik dengan video AR, dan menunjukkan kemampuan yang lebih besar untuk membedakan antara ekspresi wajah.

5. Mengajarkan Kosakata

Kumpulan kosa kata sains dibuat dengan konten AR untuk membantu mengajar siswa dengan ASD dan disabilitas intelektual. Konten termasuk video, audio definisi, gambar, dan simulasi 3D. Studi ini ditemukan sangat efektif untuk semua peserta, dan siswa tertentu dengan ASD mempelajari semua kata dalam kerangka waktu yang relatif singkat dengan perbaikan kesalahan lebih cepat.

6. Membantu dalam Permainan Imajinatif

Menyambut Hari Peduli Autisme Sedunia, Berikut 8 Manfaat AR bagi ASD

Peneliti menggunakan sistem AR dengan blok busa dan layar TV yang berfungsi sebagai cermin untuk memfasilitasi permainan imajinatif. Balok busa berubah menjadi mobil 3D, kereta api, atau pesawat terbang di layar dan anak-anak bisa melihat diri mereka bermain dengan barang-barang itu sebagai mainan. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam frekuensi dan durasi bermain imajinatif dengan skenario AR, dan analisis video mengungkapkan bahwa anak-anak terlibat dalam lebih dari 50% lebih banyak skenario bermain imajinatif per menit daripada tanpa skenario. AR sangat cocok untuk menghibur anak-anak ASD di hari peduli autisme sedunia.

7. Membantu Mengajarkan Tugas Baru

Sebuah penelitian dilakukan untuk anak-anak di mana gambar dengan  jadwal lima langkah dari tugas menyikat gigi ditambah dengan klip video yang menunjukkan semua langkah. Setelah perawatan, intervensi AR menunjukkan peningkatan langsung dalam kinerja independen oleh para peserta, dan setelah dua bulan, penyelesaian tugas tetap tinggi. Anak-anak menikmati konten AR, dan para guru melaporkan aplikasi tersebut sebagai alat pengajaran yang efektif.

8. Tingkatkan Keterampilan Motorik Halus

Dalam sebuah penelitian, anak-anak dengan ASD yang diberi program augmented reality untuk meningkatkan hubungan sensorik dengan lingkungan mereka mampu mengendalikan gerakan diri dengan lebih baik dan memilih kelompok otot tertentu dengan lebih baik daripada kelompok kontrol tanpa AR. Anak-anak menikmati pengalaman tersebut, dan orang tua dari kelompok AR melaporkan umpan balik positif, menunjukkan bahwa AR mungkin merupakan alat proprioseptif yang efektif untuk mengasah keterampilan [url=https://www.bni-life.co.id/id/lifeblog/inilah-bedanya-motorik-halus-dan-motorik-kasar#:~:text=Perkembangan%20motorik%20halus%2C%20merupakan%20perkembangan,atau%20memasukkan%20balok%20sesuai%20bentuknya.]motorik halus[/url].

Kenapa AR Sangat Efektif bagi ASD?

AR memungkinkan interaksi dengan dunia nyata yang membuatnya lebih mudah untuk menggeneralisasi situasi kehidupan nyata melalui konten digital. Sifat visual AR yang imersif memanfaatkan kekuatan yang sebagian besar dipegang oleh orang-orang dengan ASD dan menghasilkan lebih banyak rasa ingin tahu dan keterlibatan. Memperkenalkan teknologi baru juga bisa sangat memotivasi, menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam. Selain itu, AR dapat dengan mudah diadaptasi untuk melengkapi praktik berbasis bukti, seperti petunjuk gambar dan pemodelan video, yang saat ini digunakan oleh dokter.


Dengan teknologi AR yang relatif baru, penggunaannya dalam perawatan kesehatan, dan khususnya di bidang ASD masih pada tahap awal. Meski begitu, penelitian menunjukkan bahwa penambahan elemen AR sederhana ke terapi saat ini dapat meningkatkan motivasi, perhatian, dan fokus. Hasil yang disorot ini hanya menggali permukaan potensi intervensi berbasis AR, dan potensinya menjanjikan untuk penggunaan klinis di masa depan.