Jumat, 05 Maret 2021

Cara Buat CV dan Resume yang Menarik

 



Pengertian Resume dan Curriculum Vitae

Resume adalah sebuah dokumen pendek di mana Anda bisa menuliskan rangkuman dari beberapa pekerjaan, pengalaman, maupun pencapaian sebelumnya.

Pada resume, Anda cukup menuliskan seluruh rangkaian portofolio yang berhubungan dengan pekerjaan maupun bidang tertentu yang ingin Anda lamar.

contoh resume dan cv

Resume sendiri lazim dibuat dengan cukup pendek dan ringkas, berkisar 1 hingga 2 lembar.

Resume berasal dari bahasa perancis yang berarti ‘to sum up’ atau untuk meringkas. Oleh karena itu, jangan salah kaprah apabila Anda diminta mengirimkan resume diri Anda.

Sedangkan CV atau yang memiliki kepanjangan Curriculum Vitae merupakan sebuah portofolio lengkap diri Anda. Portofolio ini mencakup seluruh riwayat akademik, pengalaman, hingga pencapaian profesional.

Contoh CV Xander

Curriculum Vitae berasal dari bahasa Latin yang berarti course of life atau rangkaian hidup. Nah jika resume biasanya memiliki panjang rata-rata 1 hingga 2 lembar, CV umumnya memiliki panjang bervariasi tergantung riwayat hidup si pembuatnya.

Meski demikian dalam dunia pekerjaan ataupun akademik, seringkali Anda diminta untuk membuat CV ketimbang resume. Seringkali para penyeleksi meminta CV Anda supaya lebih mudah untuk menilai diri Anda secara keseluruhan.


Cara Buat CV yang Menarik

Pada dasarnya, tidak ada aturan baku yang bisa Anda gunakan dalam membuat CV. Namun setidaknya kami bisa memberikan aturan tak tertulis mendasar yang bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin membuat CV terlihat menarik.

1. Buat CV yang Jelas dan Terstruktur

Pertama-tama buatlah CV Anda jelas dan terstruktur. Hal ini amat penting, terutama bagi Anda yang ingin melamar kerja.

Percayalah, orang-orang di bagian HRD bisa menerima ratusan bahkan ribuan CV dalam satu periode penerimaan kerja.

Nah sekarang bayangkan apabila Anda membuat CV Anda terlalu bertele-tele, tidak terstruktur, dan tidak ada layout yang menarik. Dapat dipastikan CV Anda akan dibuang dan tersingkir dalam proses scanning ini!

2. Hindari Tipe Narasi ‘Cerita’

Hindari narasi cerita yang terlalu panjang layaknya novel. Memang benar CV merupakan riwayat hidup Anda secara penuh dan lengkap. Namun Anda juga harus memilah-milah hal apa yang perlu dimasukkan dan tidak perlu dimasukkan.

Kita ambil contoh, jika Anda ingin melamar pekerjaan di bidang arsitektur misalnya tentu saja Anda tidak perlu mencantumkan prestasi Anda ketika Anda juara perlombaan 17-an di rumah Anda. Mungkin pengalaman itu berkesan bagi Anda, tapi HRD jelas tak akan tertarik.

3. Wajib Terorganisir dan Berurutan

Selain itu Anda bisa meletakkan keahlian, maupun pengalaman dan pencapaian Anda berurutan dari yang paling berhubungan dengan bidang yang ingin Anda lamar. Hal ini bisa menjadi perhatian bagi orang-orang di HRD.

Setelah lolos proses scanning, CV Anda akan dibaca secara menyeluruh oleh penyeleksi. Mereka tentu saja akan tertarik dengan orang yang memang dirasa meyakinkan untuk bekerja di perusahaan mereka.

Ketika Anda meletakkan pencapaian-pencapaian yang sesuai tersebut pertama, disusul dengan pencapaian lain yang kurang berhubungan, yakinlah pihak HRD akan memberikan perhatian lebih pada CV Anda.

4. Buat CV yang Lugas

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah membuat CV secara kronologis dan lugasKata kunci kronologis merupakan salah satu kata kunci penting yang seringkali dilupakan para pelamar kerja. Meski sepele, seringkali para pembuat CV melewatkan hal penting ini.

Penyeleksi bisa bingung apabila Anda tidak menuliskan riwayat-riwayat pekerjaan maupun pencapaian Anda yang berurutan secara kronologis.

5. Jujur dan Sesuai dengan Faktanya

Hal terakhir dan merupakan poin terpenting dari pembuatan CV adalah jujur dalam membuat CV.

Percayalah orang-orang HRD dan penyeleksi lain merupakan orang-orang terlatih dan cerdas. Mereka juga orang-orang yang memiliki pengalaman tinggi dalam menyeleksi orang.

Kebohongan Anda, sesempurna apapun itu akan dapat dengan mudah mereka temukan. Meski Anda sedikit saja melebih-lebihkan pencapaian Anda, Anda tidak akan bisa menghindari orang-orang HRD.

Terlebih lagi, orang yang tidak jujur merupakan musuh utama perusahaan. Jika hal ini menimpa Anda, bukan tidak mungkin Anda akan masuk daftar hitam pelamar kerja. Daftar hitam yang mungkin saja disebarkan antar HRD di banyak perusahaan.

5. Tuangkan Kreativitas Anda

Selain hal-hal umum tersebut, ada satu hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat CV Anda menarik, jadilah kreatif!

Kreativitas saat ini bisa jadi merupakan fitur yang dimiliki anak muda. Jika dahulu CV dibuat dalam bentuk baku dan amat kaku, kini yang seperti itu justru akan membuat kita terlihat tidak menarik.

Implikasinya adalah, kreativitas Anda saat ini bisa jadi menambah nilai penting di mata penyeleksi. Namun kami ingatkan ya, jangan sampai kreativitas Anda berlebih hingga CV Anda malah terlihat eksentrik. Bisa-bisa CV Anda dibuang sebelum dibaca!


Cara Buat Resume yang Menarik

Pada dasarnya aturan-aturan yang ada dalam membuat CV bisa Anda terapkan juga dalam membuat resume. Meski demikian ada beberapa tips tambahan yang bisa Anda terapkan dalam membuat resume Anda agar lebih menarik.

Pertama-tama ada tiga format yang bisa Anda gunakan untuk membuat resume, yakni kronologi terbalik, kombinasi, serta fungsional (skill based). 

Pola kronologi terbalik dibuat dengan cara membuat pencapaian-pencapaian Anda yang paling baru diurut hingga yang paling lama. Sebenarnya metode ini merupakan metode tradisional dan cukup familiar di kalangan HRD.

Tapi, format ini bisa membuat keterampilan-keterampilan Anda yang berhubungan dengan pekerjaan jadi lebih mencolok.

Mengapa demikian? Logikanya, semakin lama tentu Anda semakin ahli dalam bidang yang Anda tekuni. Secara otomatis pencapaian-pencapaian tertinggi Anda, tentu akan Anda dapatkan di saat-saat tersebut.

Dengan format ini, Anda bisa menuliskan pencapaian-pencapaian terbaik Anda di tahun-tahun terakhir, terus diurutkan hingga awal perjalanan karir Anda. Disanalah poin penting mengapa format ini bisa membuat resume Anda tampak menarik.

Format kombinasi dapat dipakai apabila Anda memiliki banyak keahlian, dan seringkali berpindah-pindah pekerjaan. Tapi jangan salah, banyak keahlian dan sering berpindah ini jangan sampai Anda artikan sebagai ‘kutu lompat’.

Anda bisa menggunakan format ini hanya apabila Anda memiliki banyak transferable skills yang berguna dalam pekerjaan yang Anda ingin lamar. Format ini justru akan membuat keterampilan Anda yang banyak itu terlihat menonjol.

Kelemahannya tentu saja format ini tidak lazim digunakan, sehingga kami tidak merekomendasikan untuk digunakan bagi Anda yang baru saja melamar kerja. Tapi toh tidak ada salahnya apabila Anda berani mengambil risiko, demi mendapat pekerjaan.

Nah format terakhir, yakni fungsional ataupun skill based cocok digunakan bagi Anda yang baru saja melamar kerja alias angkatan kerja baru. Dalam format ini Anda benar-benar menonjolkan keterampilan-keterampilan Anda untuk menutupi pengalaman kerja Anda yang masih sedikit.

Meski demikian jika Anda kemudian sampai ke tahap wawancara, hati-hatilah dalam membahas resume ini. Dengan menggunakan format ini, seringkali para HRD merasa Anda menyembunyikan sesuatu dari mereka. Solusinya? Jujur saja! Mudah bukan?


Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi yang Benar

 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Surat Pengunduran Diri

1. Tujuan yang Jelas

Terangkan alasan dan tujuan mengapa Anda mengundurkan diri dari perusahaan. Entah itu mau memulai usaha sendiri atau mencoba peruntungan di pekerjaan yang baru.

2. Buat dengan Bahasa yang Sopan

Meskipun alasan Anda resign dari pekerjaan sekarang adalah akibat dar manajemen perusahaan yang buruk, Anda tidak perlu menuliskan hal tersebut di surat resign.

Surat resign dibuat untuk tetap menghargai kedua belah pihak walaupun sudah tidak bekerja sama lagi. Maka dari itu, buat surat resign dengan bahasa yang sopan dan jangan menyalahkan salah satu pihak.

3. Ucapkan Terima Kasih dan Maaf

Dalam surat resign, Anda perlu mengucapkan terima kasih sebagai tanda syukur karena telah diberi kesempatan pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Jangan lupa juga untuk mengucapkan maaf atas kesalahan yang pernah Anda lakukan. Cara ini akan membuat Anda terlihat profesional dan lebih menghargai satu sama lain.


Contoh Surat Pengunduran Diri yang Benar

Jakarta, 15 Februari 2021

Kepada Yth,

HRD Manager Sinar Abadi

Jl. Jalan apapun itu jalurnya

Jakarta Selatan

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Joko Subianto bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sinar Abadi sebagai Marketing Executive, terhitung mulai dari tanggal 31 Oktober 2017.

Saya sangat berterimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh perusahaan untuk bekerja di PT. Sinar Abadi. Adapun alasan saya mengundurkan diri karena sekarang saya ingin memulai usaha sendiri.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Sinar Abadi apabila selama bekerja saya melakukan kesalahan, baik itu yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Saya berharap PT. Sinar Abadi semakin sukses dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Joko Subianto

Cara Daftar GoFood




1. Mengisi Formulir Pendaftaran Partner Go-Jek

Untuk menjadi partner Go-Food, pertama-tama tentu saja Anda harus mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh Gojek. Untuk mengunduh formulir ini kamu bisa langsung buka laman resmi Gojek. Apa saja yang harus Anda isi?
Profil Perusahaan/Pemilik. Di dalam kolom ini, Anda akan diminta nama restoran Anda hingga bentuk badan usaha dari restoran yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki badan usaha legal, Anda bisa kok mengisinya dengan pilihan personal.


Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi data personal. Di dalam laman data personal ini Anda akan diminta mengisi nama, email, identitas yang didaftarkan, domisili Anda, serta NPWP Anda.


Khusus untuk kolom identitas dan NPWP, Anda juga harus mengupload foto KTP serta NPWP Anda ya. Selain itu, meski perusahaan Anda belum memiliki badan usaha yang legal, Anda tetap harus memiliki NPWP untuk menjalankan usaha Anda. Oleh karena itulah Go-Food tetap meminta NPWP Anda yang aktif.



Setelah selesai mengisi data diri dan perusahaan, Anda akan diminta untuk melengkapi data-data rekening bank yang Anda miliki. Hal ini dimaksudkan agar Anda nantinya bisa melakukan pembayaran sesuai dengan rekening yang Anda daftarkan di Go-Food.


Terakhir, Go-Food akan meminta Anda untuk memberikan data outlet restoran Anda secara detail. Anda akan diminta nama, kategori, alamat, hingga nomon teleport seluler outlet. Selain itu Anda pun akan diminta untuk mengisi email outlet untuk mengirim laporan penjualan Anda nantinya.


Setelah mengisi seluruh data-data yang diminta Anda bisa langsung tekan submit. Kemudian slesai! proses pertama cara daftar Go-Food telah Anda jalani. Ada sedikit lagi langkah-langkah yang perlu Anda lakukan sampai outletmu benar-benar terdaftar di Go-Food.
2. Cek E-mail yang Anda Daftarkan di Formulir Sebelumnya

Setelah Anda selesai mengisi dan melengkapi formulir yang ada di laman Go-Jek, Anda bisa langsung cek email Anda.

Kalau Anda mengisi dengan benar, pihak Go-Jek akan mengirimkan email yang isinya sebenarnya mirip-mirip dengan formulir sebelumnya.

Beberapa isian umum tambahan berupa nama pemilik, alamat, informasi restoran serta informasi penagihan. Informasi penagihan sendiri berisi data-data nama NPWP, nomor registrasi NPWP, serta alamat yang tertera pada NPWP Anda.

Selain itu khusus untuk ini Anda akan diminta untuk mengirimkan foto-foto makanan, daftar menu, harga menu, lampiran fotocopy sertifikan NPWP, serta kartu identitas yang sah.

Harga menu yang Anda berikan adalah harga akhir setelah ditambah PPN dan biaya service.
3. Tanda Tangan Kontrak Go-Food yang Dikirimkan Ke Anda!

Setelah proses kedua, Anda harus bersabar. Karena pihak Go-Food tentunya akan melakukan pemeriksaan berkas serta verifikasi ulang terhadap semua yang Anda berikan kepada mereka. Proses ini tentunya memakan waktu yang tidak sedikit, kan.

Bagaimana cara tanda-tangan kontrak? Sementara Anda selama ini bahkan tidak pernah bertemu dengan pihak Go-Food. Caranya amat mudah, Anda tinggal membuka email balasan dari pihak Go-Food.

Carilah email yang memiliki subjek [e-signature] Kontrak GO-FOOD. Kemudian Anda pilih Review Document. Proses ini akan memakan waktu sedikit, dan kemudian kamu tekan pilihan setuju dan untuk melanjutkan klik pilihan Lanjutkan.

Untuk menandatangani kontrak yang telah dibuat, Anda bisa segera pergi ke halaman 14. Di sana Anda akan diminta untuk menandatangani kontrak dengan memilih gaya. Anda diharuskan memilih gaya dan bentuk yang sesuai dengan nama pemilik (alias Anda).

Setelah itu klik gunakan dan di halaman berikutnya Anda bisa pilih tanda tangan disini. Voila! Anda sudah melakukan tanda-tangan kontrak dengan pihak Go-Food. Tanda-tanda Anda selesai melakukan tanda tangan adalah Anda akan dikirimkan tulisan selesai menandatangani.

Jika Anda melakukan seluruh proses ini Anda akan diberikan email sambutan dari tim Go-Food. Dengan adanya email ini, menandakan bahwa Anda saat ini telah diterima menjadi partner Go-Food. Lalu apa selanjutnya?


4. Saatnya Menggunakan Aplikasi Go-Resto!

Mungkin Anda belum familiar dengan aplikasi ini, apalagi Anda yang baru menjadi partner Go-Food. Go-Resto merupakan aplikasi yang telah dirancang oleh tim Go-Jek yang dapat membantu Anda menjadi partner Go-Food.

Untuk mengunduh Go-Resto, Anda akan diberikan email sambutan pula yang kemudian akan meminta Anda untuk segera mengunduh aplikasi tersebut.

Setelah mengunduh aplikasi Go-Resto ini, Anda bisa segera melakukan log in untuk mengaktivasi aplikasi ini.

Setelah melakukan aktivasi, Anda akan mendapatkan gambar sambutan kembali yang mengatakan bahwa Anda telah bergabung dengan Go-Resto. Nah silahkan Anda bereksplorasi dengan aplikasi ini!


Hal Lain yang Perlu Anda Ketahui Setelah Menjadi Partner Go-Food

Setelah Anda mendaftar menjadi Partner Go-Food ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya adalah Promo Delivery!

Dengan mengaktivasi promo ini, tentu saja kesempatan konsumen akan memesan makanan dari restoran Anda akan semakin besar.

Untuk meminta promo delivery syarat yang Anda harus penuhi adalah telah aktif paling sedikit satu minggu serta status restoran Anda telah berubah menjadi partner. Mudah,kan?

Selain itu kami juga bisa memberikan Anda tips agar pelanggan Anda lebih terpikat pada produk Anda. Caranya adalah dengan membuat foto menu semenarik mungkin.

Tapi, bagaimana kalau di awal Anda belum memasukkan foto menu yang menarik? Tenang saja, Go-Food memberikan kelonggaran untuk bisa bebas mengganti foto menu milik Anda.

Untuk mengubahnya cukup kirim ke e-mail gofoodpartners@go-jek.com dengan ketentuan ukuran maksimal 500 kB dengan rasio 1:1, diberikan nama yang sama dengan menu pada aplikasi, serta tidak mengandung unsur manusia (bagian-bagian tubuh ataupun bayangan tubuh).

Nah khusus untuk proses ini, biasanya waktu yang dibutuhkan cukup lama. Dari pihak Go-Jek sendiri menyarankan Anda untuk menunggu maksimal selama 7 hari kerja. Jadi tolong bersabar.

Kamis, 04 Maret 2021

Wanita termahal di Indonesia | wanita suku Bugis dengan uang lamaran termahal

 Wanita termahal di Indonesia | wanita suku Bugis dengan uang lamaran termahal


Membayar gadis untuk di nikahi dengan nominal yang cukup mahal, Pasti seseorang laki yang belum mapan dalam pekerjaan dan penghasilan berpikir-pikir untuk menikahinya.

Namun, tahukah kalian jika perempuan termahal yang ada di Indonesia jatuh pada suku Bugis.
Suku yang berasal dari Sulawesi Selatan ini memang memiliki karakter perempuan yang cukup mahal jika di lamar.

Suku asli Sulawesi Selatan ada dua yang paling Terkenal dengan liku-liku materi.
Jika di Tanah Toraja, yang merogok uang sampai bermiliar-miliar untuk acara kematian. Berbeda dengan suku Bugis yang harus menikahi wanita dengan uang lamaran cukup mahal.

Terbukti, sudah banyak yang viral di media sosial yang rela merogok kantong yang begitu banyak untuk menikahinya.
Tidak tanggung-tanggung seorang pejabat pemerintah di salah satu daerah di suku Bugis membayar hingga 2 miliyar rupiah demi uang lamaran

Uang Panai , Itulah sebutan untuk uang lamaran di suku Bugis. Uang tersebut di gunakan untuk acara dalam pernikahan mereka.

Selain untu acara pernikahan uang Panai biasanya di gunakan untuk kedua mempelai menjadi tabungan mereka setelah menikah.
Biasanya suku Bugis terkenal dengan berdagang.

Seorang laki-laki jika ingin menikahi perempuan dari suku Bugis harus menyediakan permintaan uang Panai yang di minta pihak keluarga mempelai perempuan.

Uang Panai dari suku Bugis menurut survei yang di lakukan oleh tim kami, Berkisaran 50 juta hingga ratusan juta rupiah.
Belum lagi jika perempuan memiliki tingkat sekolah atau pekerjaan yang mapan mungkin kalian akan mendapatkan beban tambahan uang Panai.

Arti uang panai di suku Bugis sangat lah penting yaitu mengajarkan ke seorang laki-laki bahwa perempuan itu mahal dan kalian tidak boleh seenaknya memperbodoh atau mempermainkan.

Dalam hal ini ada dampak positif dan negatif dari uang Panai yang begitu mahal.

Di sisi positif kalian pasti akan bersungguh-sungguh bekerja dan mendapatkan penghasilan jika kalian ingin menikahi seorang perempuan.

Di sisi negatif sendiri kebanyakan perempuan yang dari suku Bugis terkadang hamil duluan di karenakan ketidakmampuan sebagai laki-laki mempersembahkan uang Panai ke pihak keluarga perempuan.

Ada pula yang harus bunuh diri dari pihak perempuan di mana ketika cinta mereka tidak di restui

Kesimpulan jika bersungguh dengan perempuan nikahilah, namun di harapkan pula ke pada pihak mempelai perempuan untuk tidak membebankan terlalu banyak sesuatu kepada ke dua mempelai agar mereka bisa hidup tentram di kemudian harinya.

Menghemat Biaya Usaha di Tengah Pandemi dengan Virtual Office

 Menghemat Biaya Usaha di Tengah Pandemi dengan Virtual Office

Kantor menjadi tempat yang penting bagi setiap pengusaha, pada dasarnya kantor dijadikan tempat kerja, meeting, tempat pertemuan, tempat penyimpanan barang serta dokumen-dokumen penting. 

Disamping itu, semakin banyaknya kebutuhan dalam melakukan usaha, kantor atau ruang kerja menjadi salah satu penghambat dalam mendirikan suatu usaha. Mengapa?
 

Meningkatnya harga sewa kantor, khususnya di bilangan Jakarta dan sekitarnya sangat meresahkan bagi para pengusaha. Terutama bagi perusahaan-perusahaan yang baru mengepakan sayapnya. 

Pastinya, harga sewa kantor ini menjadi suatu pertimbangan besar bagi seorang pengusaha. Belum lagi dengan membeli perlengkapan kantor dan biaya membersihkan kantornya.

 

Ada yang memaksakan diri untuk menyewa kantor, bekerja di rumah, bahkan ada yang sampai menunda untuk melakukan usahanya dikarenakan mengumpulkan dana untuk menyewa kantor beserta kebutuhan-kebutuhan di dalamnya.

 

Sedangkan, Untuk sebuah perusahaan startup atau yang baru mulai merintis, tentu harga sewa kantor menjadi salah satu masalah dalam mengembangkan usahanya.

 

Namun, sekarang tidak perlu lagi khawatir, pada masa digital seperti saat ini, kita tidak perlu menyewa kantor dengan costmahal, bahkan juga dapat menghemat cost operasional, terutama menyewa kantor dan membeli perlengkapan di dalamnya, cukup dengan menyewa virtual office.

 

Kantor Virtual atau Virtual Office yaitusatu “ruang kerja” yang berada didunia internet, dimana seseorang individu bisa merampungkan tugas-tugas yang dibutuhkan untuk melakukan usaha profesional atau pribadi tanpa ada mempunyai “fisik” tempat usaha.

 

Virtual office berupaya untuk meningkatkan produktifitas para karyawannya, dimana dengan adanya sistem virtual office seorang karyawan dapat datang dan pergi dengan cepat ke kantor karena berlangsung secara virtual, bukan fisik yang hadir dilingkungan kantor.

 

Dari sini dapat kita lihat bahwa dengan adanya virtual office,suatu usaha dapat melakukan pengurangan biaya fasilitas seperti peniadaan biaya sewa untuk kantor, biaya perluasan ruangan dan biaya pemeliharaan fisik kantor. 

Dengan menggunakan media digital, secara mutlak memerlukan sebuah perangkat komputer dan jaringan internet untuk bisa memulainya. 

Tidak memerlukan ruangan khusus yang luas, dan bisa dilakukan dimana saja asalkan terjangkau oleh lingkup jaringan internet.

 

Selain itu juga, pengurangan biaya peralatan, dimana karyawan yang bekerja secara virtual mengurangi kebutuhan fasilitas kantor seperti meja, kursi, lemari arsip di kantor secara fisik. 

Komputerisasi tempat kerja tercermin tidak hanya dalam penggabungan virtualitas digital seperti dokumen online dan telekomunikasi yang bermediasi komputer, tetapi juga dalam bentuk dan postur kerja fisik. Sejarah sistem meja dan kearsipan bergerak ke arah virtual. 

Penggunaan kertas pun sebagai media dokumentasi menjadi semakin minimal dan cenderung akan mengarah kepada paperless (tanpa kertas).

 

Jadi dapat kita lihat, bahwa adanya virtual office timbul sebagai upaya untuk  mewujudkan efisiensi kerja yang berujung pada penekanan biaya yang salah satunya adalah pengurangan penggunaan lingkungan kantor secara fisik. 

Sebuah virtual officedapat    memberikan    penghematan     yang    signifikan    dan    fleksibilitas dibandingkan   dengan   menyewa   ruang   kantor   tradisional.  

 

Virtual Officemerupakan implementasi dari upaya otomasi perkantoran (office automation) yang   bertujuan   membantu   pemilik   atau   karyawan   perusahaan   untuk meningkatkan produktifitas kerja. 

Keberadaan virtual office seorang pemilik atau karyawan persahaan dapat “datang” ke kantor secara cepat yang sebetulnya, kedatangan dan kepergian tersebut berlangsung secara virtual yang tidak secara fisik datang dan hadir di lingkungan kantor.

 

Intinya, dengan menggunakan virtual office kita bisa lebih menghemat biaya operasional hingga 90%, karena biaya yang dikeluarkan untuk virtual office sudah mencakup dalam satu kesatuan dan setiap penambahan layanan dibayarkan sesuai penggunaannya.

Deepfake, Mulai Dari Video Sampai Foto Bugil!

 Deepfake, Mulai Dari Video Sampai Foto Bugil!





Jagad maya dihebohkan oleh beredarnya video tiktok yang menampilkan aktor tampan Hollywood, Tom Cruise. Para penggemarnya dibuat tercengang dengan rilisnya video yang melibatkan sang idola.

Namun lelaki berkaus putih yang dalam videonya sedang bergolf ria, dan ada juga saat dia melakukan rangkaian sulap dengan menghilangkan sebuah koin tersebut, bukanlah Tom Cruise yang asli.

Namun dalam video deepfake yang berdurasi 2menit-an dan sudah ditonton lebih dari 11juta kali itu, seolah ane sedang melihat sosok Tom Cruise, bahkan suara tertawa khasnya pun terdengar mirip banget 

Quote:


Apa Itu Deepfake?

Deepfake itu adalah video rekayasa yang dibuat dengan kecerdasan yang canggih, Gansist, hingga dapat menghasilkan tampilan gambar dan suara yang hampir mirip dengan aslinya.

Deepfake Berbahaya?

Jelas! Teknologi ini bisa membuat orang mempercayai sesuatu bahwa itu benar, padahal tidak.

Seorang pakar keamanan dan akademisi senior dalam badan penelitian New America, Peter Singer menyebutkan, deepfake bisa jadi alat yang luar biasa untuk menyebatkan hoax atau berita palsu, juga dijadikan alat untuk merusak reputasi seseorang.

Dengan dibuat seolah-olah seseorang itu terlihat melakukan sesuatu atau berkata sesuatu padahal dia tidak pernah mengatakannya atau melakukannya.

Deepfake juga bisa memuat wajah, tubuh dan suara ke dalam situs-situs porno dan laman esek-esek sebagai bahan promosi. Dan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelegent deepfake bisa menghapus foto wanita dan membuatnya bugil. Yang mana untuk sekilas foto itu akan terlihat nyata, bukan editan. Wah, ngeri kan? 

Quote:


Bagaimana Cara Kerja Dari Deepfake?

Yaitu dengan sebuah sistem yang mengkaji sebuah objek dengan sangat mendalam, baik dari sebuah foto ataupun video untuk mengamati secara detail setiap gerak tubuh, penampakan dari berbagai sudut, hingga pada gerak bibir si target yang akan dipalsukan.

Deepfake  memiliki sistem analisa yang dikenal dengan Generative Adversarial Network (GAN). GAN dalam deepfake terdiri dari dua jaringan saraf, yaitu Generator dan Diskriminator.

Yang mana keduanya berjalan beriringan, menciptakan agar hasilnya bisa kelihatan lebih real dan terlihat senatural mungkin.

Quote:


Ane melihat kejadian ini agak ngeri-ngeri sedap Gansist, gimana engga, sebuah teknologi ternyata bisa membuat sesuatu yang "palsu" terlihat seperti aslinya.

Seberapa dahsyat impact yang bisa terjadi sampai-sampai hanya dengan setetes aplikasi rusak reputasi sebelanga 

Para pakar sebetulnya mempunyai cara untuk mendeteksi yang tentu saja bukan hal mudah, meski bukan juga hal yang mustahil untuk dilakukan.

Dalam penelitiannya video deepfake, objek tidak bisa berkedip secara normal, dan untuk konten dengan resolusi rendah, video deepfake akan mudah untuk dikenali.

Kemudian sinkronisasi bibir terlihat tidak natural, warna kulit yang kurang merata, hingga pencahayaan aneh yang menimbulkan iluminasi dan pantulan pada iris mata yang tidak biasanya.

Segala sesuatu pasti memiliki sisi baik dan buruk, kan Gansist,seperti juga deepfake, tidak selamanya buruk. Deepfake bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, misalnya kloning suara, untuk seseorang yang kehilangan suara karena satu penyakit.
Atau video deepfake untuk sebuah galeri, museum atau industri hiburan lain yang masih membutuhkannya.